7 Tanaman Hias Ini Tak Butuh Sinar Matahari Langsung, Cocok Dipajang dalam Rumah

Ada beberapa tanaman hias yang perawatannya justru tidak membutuhkan sinar matahari secara langsung.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 07 November 2023 icon 18:28 WIB
7 Tanaman Hias Ini Tak Butuh Sinar Matahari Langsung, Cocok Dipajang dalam Rumah

Tanaman hias jenis philodendron (Pixabay/brbrgraphics)

Tanaman hias tidak hanya bermanfaat mempercantik rumah atau ruangan tertentu di dalamnya. Merawatnya juga bisa membantu meningkatkan kualitas udara di lingkungan tempat tinggalmu.

Ada banyak tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari atau bisa tumbuh dengan cahaya minimal. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir ketika menempatkannya di dalam ruangan.

Merangkum Pro Flowers, inilah beberapa tanaman hias yang tidak memerlukan paparan sinar matahari secara langsung untuk pertumbuhan.

Baca Juga: 4 Manfaat Punya Tanaman Hias, Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

1. Bromeliad

Sebagian besar spesies bromeliad lebih menyukai sinar matahari tidak langsung yang juga tak terlalu terang. Paparan sinar matahari secara langsung malah bisa merusak daun bromeliad.

Tanaman hias dengan bunga berwarna merah ini cocok ditempatkan di atas rak, meja, atau lantai. Jangan taruh di depan jendela.

Baca Juga: Jangan Sembarangan! 4 Cara Memilih Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah

2. Cemara Cina

Semakin gelap daun varietas cemara cina, semakin sedikit cahaya matahari yang dibutuhkan. Cemara cina juga termasuk tanaman hias yang membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

3. Dracaena

Dracaena cukup mudah ditemukan di pasangan. Varietas yang lebih besar seperti dracaena massangeana punya tampilan seperti pohon yang berfungsi dengan baik sebagai dekorasi lantai.

Tempat terbaik untuk meletakkan dracaena adalah area di mana matahari tidak datang secara langsung. Mereka bisa tetap hidup dengan cahaya rendah atau sedang.

4. English ivy

Tanaman hias ini kerap dipilih untuk menghiasi teralis atau pagar karena bisa tumbuh secara merambat. English ivy lebih suka paparan cahaya matahari tidak langsung. Cuaca yang terlalu teris bisa membuatnya rusak.

5. Palem parlor

Kamu mungkin sering melihatnya ditempatkan di ruang makan atau ruang tamu sebagai simbol kemakmuran keluarga. Palem parlot bisa ditaruh dalam ruangan dengan cahaya rendah, tetapi pertumbuhannya paling baik dengan pencahayaan sedang.

6. Lili perdamaian

Tanaman hias dengan kelopak putih cantik ini menikmati paparan cahaya matahari yang rendah dan sedang, maupun cahaya buatan dari lampu neon. Selain mempercantik ruangan, lili perdamaian termasuk tanaman terbaik untuk menjernihkan udara.

7. Philodendron

Philodendron terkenal dengan bentuk daunnya yang unik. Perawatan tanaman hias jenis ini juga terbilang mudah sehingga cocok untuk pemula.

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Kecombrang, Bisa Jadi Alternatif Andalan saat Diet

Semua spesies philodendron menyenangi cahaya terang yang datang tidak secara langsung. Ada pula jenis philodendron yang tetap dapat tumbuh subur walau berada di tempat teduh sekalipun.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI