9 Tips Menghadapi Pacar Posesif, Kuncinya Mau Saling Kompromi

Punya pacar posesif dan bingung bagaimana harus menghadapinya? Simak tips di bawah ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 10 November 2023 icon 17:15 WIB
9 Tips Menghadapi Pacar Posesif, Kuncinya Mau Saling Kompromi

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Pexels/Ron Lach)

Sikap protektif dalam hubungan asmara menunjukkan kepedulian seseorang terhadap pasangan. Namun, beda ceritanya jika pasangan bersikap posesif parah.

Kamu mungkin pernah melihat seseorang dilarang pasangannya untuk melakukan berbagai hal, bahkan sampai tak boleh bertemu sahabat dekat. Hal tersebut tentu bisa menjadi sesuatu yang sangat mengganggu kehidupan pribadi.

Bagaimana cara menghadapi pasangan posesif? Dilansir dari Popxo, ini beberapa langkah yang bisa coba dilakukan.

Baca Juga: Siapa Bilang Perempuan Tak Boleh Pendekatan Duluan? Simak 6 Tips Ini

1. Membuka obrolan tentang masalah itu

Pasangan posesif biasanya akan marah jika kekasihnya pergi tanpa dia. Jika itu yang terjadi, usahakan untuk tidak membalasnya dengan amarah.

Cobalah untuk bisa membuka pembicaraan baik-baik. Tanyakan kepada pasangan kenapa diamarah dan kesal. Hal tersebut dapat membantu untuk saling mengerti satu sama lain.

Baca Juga: Hubungan Asmara Belum Dapat Restu Orangtua? Lakukan 8 Langkah Ini

Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Min An)
Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Min An)

2. Terbuka dengan pasangan

Usahakan jangan pernah membohongi pasangan pasangan posesif. Sekecil apa pun kebohongan bisa membawa rasa tidak percaya di masa depan. Cobalah untuk selalu terbuka tentang segala yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Tetapkan aturan yang jelas

Cobalah untuk membuat berbagai aturan yang jelas sejak awal hubungan. Misalnya, apakah perlu memberitahu pasangan soal gaya berpakaian agar tidak berujung protes atau hal-hal lainnya.

4. Buat pasangan merasa diinginkan

Pasanganmu mungkin bersikap posesif karena takut dirinya tidak kamu butuhkan. Cobalah sesekali membuat pasangan merasa lebih dibutuhkan. Hal ini akan membuatnya lebih tenang karena merasa masih diperhatikan, dicintai, dan dibutuhkan.

5. Biarkan waktu menjawab

Sikap posesif pasangan kadang hanya terjadi karena kurangnya waktu untuk memahami satu sama lain. Seiring berjalannya waktu, kamu dan dia akan lebih bisa memahami satu sama lain.

6. Kenalkan pasangan dengan temanmu

Pasanganmu mungkin cemas karena tidak tahu siapa teman-temanmu. Dia mungkin khawatir pertemananmu bakal merusak hubungan kalian.

Tak ada salahnya mengenalkan pasanganmu dengan teman atau sahabatmu. Harapannya, dia menjadi lebih terbuka terhadap hubungan pertemanan yang kamu jalani.

7. Saling kompromi

Ini jelas merupakan hal penting. Coba cari titik tengah agar hubungan asmara bisa memberikan rasa nyaman untuk satu sama lain. Jangan buru-buru menyerah.

8. Jelaskan bahwa kamu bukan mantannya yang berkhianat

Pasanganmu bisa saja posesif karena pernah diselingkuhi. Dia takut kamu bakal seperti mantannya. Cobalah beri penjelasan kepada pasangan kalau kamu bukan mantan pacarnya dan buktikan bahwa kamu bisa dipercaya.

9. Jangan sengaja memancing rasa cemburunya

Baca Juga: 8 Tanda Pria Ingin Melamar Kekasihnya, Diam-Diam Beli Cincin Tunangan?

Jika kamu tahu dia sangat mudah cemburu, jangan sengaja memancing masalah terkait hal tersebut. Hal seperti itu hanya akan membuatnya semakin posesif dan ingin mengekang dirimu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI