Hindari KDRT, Ketahui Tanda Pria Kasar yang Bisa Diamati sebelum Menikah

Apa saja tanda-tanda pria kasar yang bisa dilihat sejak sebelum pernikahan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 20 November 2023 icon 17:00 WIB
Hindari KDRT, Ketahui Tanda Pria Kasar yang Bisa Diamati sebelum Menikah

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Belakangan ini, kisah Dokter Qory Ulfiyah kabur dari rumah karena terasing dari keluarga hingga menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) mencuri perhatian publik.

Apa yang terjadi membuat banyak orang menjadi semakin waspada dengan KDRT. Di sisi lain, banyak orang berharap bisa mengetahui tanda-tanda pasangan kasar yang bisa diamati sejak sebelum menikah.

Apa saja red flag yang perlu diwaspadai? Dirangkum dari The City of Portland, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Istrinya Suka Minum Alkohol, Pria Ini Curhat Alami KDRT

1. Bersikap Posesif dan Cemburuan

Waspada jika pasangan tidak mau lepas darimu, selalu ingin menempel dengan, dan curiga sepanjang waktu. Dia mungkin juga bepergian ke mana pun kamu pergi dan terlalu sering menelepon ketikaberjauhan, bahkan meminta orang lain untuk mencari tahu apa yang sedang kamu lakukan saat tak bersamamu.

Ilustrasi kekerasan dalam rumah tangga. (Shutterstock)
Ilustrasi kekerasan dalam rumah tangga. (Shutterstock)

2. Terlalu Mengendalikan Pasangan

Baca Juga: Takut Kehilangan Suami Tampan, Wanita Ini Ogah Cerai Meski Jadi Korban KDRT

Pasangan terus-menerus bertanya dengan siapa kamu menghabiskan waktu, apa yang dilakukan, baju apa yang kamu pakai, hingga ke mana saka perginya.

Dia juga menggunakan berbagai alasan yang pada akhirnya membuatmu setuju untuk selalu meminta izin sebelum melakukan apa pun. Dia membuatmu seorang tidak tahu caranya mengambil keputusan yang baik dalam setiap hal.

3. Gampang Jatuh Cinta

Begitu mengatakan cinta, dia buru-buru ingin menjalin hubungan asmara denganmu dan segera berkomitmen serius. Sikapnya sangat berlebihan hingga membuatmu tak nyaman, tetapi tak bisa menolak karena dia begitu manipulatif.

4. Mengisolasi Pasangan

Orang kasar tidak sungkan menjatuhkan semua orang yang ada di sekitar pasangan, misalnya menganggap teman-temanmu bodoh atau menyebut keluargamu terlalu mengontrol hidupmu. Perilaku ini bertujuan untuk menjauhkan kamu dari support system yang penting bagimu.

5. Menyalahkan Orang Lain

Setiap kali ada masalah, baik di tempat kerja, komunitas, maupun lainnya, waspada jika pasanganmu selalu mencap orang lain salah, bahkan saat jelas-jelas memang dia yang salah. Saat hubungan kalian bermasalah, dia juga akan selalu menyalahkanmu.

6. Bersikap Kejam dan Tidak Menghargai Orang Lain

Baca Juga: Pernah Jadi Korban KDRT, Ibu Bertangan Robot Ini Temukan Cinta Baru

Jika kamu sering melihat pasanganmu bersikap kasar dan kejam, jangan meremehkan hal tersebut. Misalnya, dia menggoda anak-anak sampai menangis, memperlakukan hewan dengan kasar, hingga memperlakukan orang lain dengan tidak hormat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI