8 Tanda Pasangan Red Flag, Bahaya untuk Kesehatan Mental

Sikap pasangan yang red flag bisa membahayakan kesehatan mental sehingga tidak sebaiknya diabaikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 23 November 2023 icon 16:30 WIB
8 Tanda Pasangan Red Flag, Bahaya untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi Pasangan Bertengkar (Pexels/Kampus Production)

Hubungan asmara mestinya menjadi sesuatu yang menghadirkan kebahagiaan. Namun, saat kamu terus merasa sakit hati, jangan abaikan tanda bahaya yang ada. Tahukah kamu apa saja tanda pasangan yang red flag?

Jika pasangan telah menunjukkan red flag, lebih baik bicarakan baik-baik. Bahkan, kadang kamu malah harus segera mengakhirinya. Pasalnya, menjalani hubungan yang tidak sehat juga bisa berdampak pada kesehatan mental.

Apa saja red flag pasangan yang harus diwaspadai dalam suatu hubungan? Dirangkum dari Insider, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Pengertian Platonic Relationship, Hubungan Tanpa Hasrat

1. Sering bohong

Terapis Hubungan Pernikahan dan Keluarga, Samara Quintero mengungkapkan, pasangan yang sering berbohong adalah tanda hubungan yang sudah tidak sehat. Hubungan akan lebih rentan bermasalah dan rentak.

Ilustrasi Berbohong (Pexels/Anete Lusina)
Ilustrasi Berbohong (Pexels/Anete Lusina)

2. Sering menjatuhkan

Baca Juga: Pengertian Toxic Relationship, Banyak Orang Tidak Sadar Terjebak di Dalamnya

Jika pasangan sering menjatuhkanmu, jangan abaikan hal tersebut. Pasalnya, pelecehan secara emosional dalam suatu hubungan dapat membuat seseorang depresi. 

3. Tak mau berkompromi

Waspada jika pasanganmu hanya ingin semua kemauannya dituruti, tetapi tidak mau melihat dari sisimu juga. Padahal, saling kompromi adalah hal penting dalam hubungan asmara.

4. Kabur saat diajak bicara baik-baik

Hubungan memang tidak selamanya manis, tetapi ada kalanya dilanda masalah. Namun, kamu dan pasangan bisa mengatasinya bersama, salah satunya dengan berdiskusi.

Jika pasangan justru sering pergi alias kabur saat kamu dan dia perlu mendiskusikan masalah yang ada, itu termasuk red flag. Bukannya mencari solusi, malah lari dari permasalahan.

5. Terlalu mengontrol dirimu

Cemburu itu wajah, tetapi bisa menjadi red flag jika berlebihan hingga terobsesi mengontrol kehidupan pasangan. Hubungan asmara tidak semestinya diwarnai paksaan. Dia juga tidak berhak untuk mengontrol kehidupanmu secara penuh.

6. Komunikasi yang tidak sehat

Komunikasi yang tidak sehat juga termasuk red flag. Komunikasi yang baik adalah kunci keberhasilan sebuah hubungan. Komunikasi yang buruk hanya akan membuat hubungan retak.

7. Dia tidak punya teman

Jika pasangan tidak mempunyai teman, artinya dia tak dapat menjaga hubungan dengan orang lain. Jika demikian, bagaimana dia bisa hubungan percintaannya dengan baik?

8. Tidak memberikan dukungan yang kamu butuhkan

Baca Juga: 7 Tanda Perempuan Berharap Segera Diajak Menikah, Kapan Mau Lamaran?

Kamu dan pasangan sudah semestinya saling mendukung satu sama lain. Namun, jika dia tak memberikan dukungan sama sekali, apakah kamu yakin dia benar-benar mencintaimu? Jangan abaikan red flag ini.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI