5 Cara Mengatasi Malas Olahraga, Tidak Harus Melakukannya Setiap Hari

Kamu juga bisa mulai membiasakan olahraga dengan melakukannya dalam durasi yang singkat terlebih dahulu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 27 November 2023 icon 16:00 WIB
5 Cara Mengatasi Malas Olahraga, Tidak Harus Melakukannya Setiap Hari

Olahraga peregangan otot. (Unsplash/Jacob Postuma)

Salah satu kunci gaya hidup sehat adalah membiasakan olahraga rutin dan teratur. Hanya saja, banyak orang masalah olahraga meski tahu betapa besar manfaatnya untuk kesehatan.

Bagaimana cara mengatasi malas berolahraga? Kamu perlu menjadikan aktivitas fisik ini sebagai kebiasaan. Jika sudah terbiasa, kamu akan tidak akan menganggapnya sebagai beban lagi. 

Lebih lanjut, dilansir dari Halodoc, berikut beberapa tips untuk mengatasi rasa malas berolahraga. 

Baca Juga: Beras Merah dan Putih Ternyata Lebih Baik Tidak Usah Dicampur, Ini Alasannya

Ilustrasi olahraga yoga. (Unsplash/kike vega)
Ilustrasi olahraga yoga. (Unsplash/kike vega)

1. Mulai dengan Durasi Singkat

Ini adalah tips penting bagi kamu yang memang tidak pernah olahraga sebelumnya. Jika langsung memaksakan diri untuk berolahraga berat, tubuh malah bisa sakit. Gara-gara sakit itu, kamu kemungkinan bakal kapok olahraga.

Coba mulai olahraga dengan durasi singkat, misalnya cukup 7 menit setiap hari. Selain itu, pilih olahraga ringan seperti jalan santai, jogging, atau bersepeda. Durasi waktu olahraga bisa ditambah sedikit demi sedikit secara bertahap.

Baca Juga: Sophia Latjuba Ungkap Rutinitas Pagi setelah Bangun Tidur, Kunci Hidup Sehat dan Awet Muda

2. Lakukan Olahraga yang Menurutmu Menyenangkan

Tentu saja ada banyak jenis olahraga yang bisa dipilih. Jika kamu suka olahraga itu, harapannya kamu jadi lebih bersemangat dalam melakoninya.

Beberapa jenis olahraga menyenangkan yang dapat menjadi pilihan adalah zumba, pound fit, atau olahraga permainan seperti basket dan badminton.

3. Fokus pada Diri Sendiri

Saat mulai rajin olahraga, kamu mungkin iri melihat orang lain tampak lebih bugar atau sukses menurunkan berat badan, sedangkan progresmu terasa lambat.

Cobalah untuk lebih fokus pada dirimu sendiri. Fokus saja tujuanmu olahraga dan jangan memusingkan pencapaian orang lain.

4. Tidak Harus Olahraga Setiap Hari

Akan ada hari di mana kamu mungkin merasa tak ingin olahraga atau memang punya kesibukan lain. Jangan merasa bersalah jika kamu jadi tidak bisa olahraga setiap hari.

Bolos olahraga sesekali tidak masalah. Cobalah untuk lebih fleksibel dan jangan terlalu keras terhadap diri sendiri. Namun, jangan bolos terus, ya! 

5. Jadikan Rutinitas

Baca Juga: 5 Gaya Sporty Wulan Guritno, Inspirasi Outfit Nyaman untuk Olahraga

Jadikan olahraga sebagai kegiatan rutin sehari-hari seperti halnya makan dan tidur. Dengan begitu, kamu akan selalu termotivasi untuk melakukan olahraga setiap hati, misal pagi hari sebelum ke kantor atau sore harinya. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI