8 Cara Melupakan Seseorang yang Dicintai, Jangan Ragu Memulai Hidup Baru

Bagaimana cara melupakan seseorang yang dicintai sehingga memulai hidup baru kembali?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 Desember 2023 icon 16:30 WIB
8 Cara Melupakan Seseorang yang Dicintai, Jangan Ragu Memulai Hidup Baru

Ilustrasi perempuan patah hati. (Shutterstock)

Melupakan seseorang yang dicintai tidak semudah saat jatuh cinta padanya. Banyak orang yang sulit memulai hidup baru setelah ditinggal kekasih.

Perginya kekasih hati sering membuat seseorang sulit bangkit. Rasanya selalu terjebak dalam kenangan indah yang sulit untuk dilupakan bersama mantan kekasih.

Dilansir dari The Herald Times, terdapat beberapa cara melupakan seseorang yang dicintai. Berikut ulasannya.

Baca Juga: 12 Urutan Zodiak yang Paling Setia, Pasanganmu Nomor Berapa?

Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)
Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)

Sadarilah bahwa Dia Tidak Mencintaimu Lagi

Cinta mungkin pernah ada namun kamu perlu sadar bahwa kini rasa itu telah hilang. Kenyataan ini mungkin adalah hal yang paling sulit untuk diterima, terlebih jika pernah berjanji untuk saling mencintai selamanya.

Namun, perasaan cinta adalah sesuatu yang murni. Kehadirannya tidak bisa dipaksakan ataupun dihilangkan secara instan.

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Mantan, Tanda Kamu Masih Menyimpan Rasa

Maka dari itu, belajarlah untuk menerima kenyataan bahwa ia tidak lagi mencintaimu. Kamu perlu melakukannya agar bisa berdamai dengan keadaan.

Menyadari Seberapa Penting Dirinya dalam Hidupmu

Tanyakan pada dirimu, seberapa penting hadirnya dalam hidupmu? Apakah kamu akan tetap menjalani hubungan dengannya meskipun ia tak lagi mencintaimu? Apakah kamu mau ia bertahan hanya karena merasa kasihan padamu?

Penting untuk bertanya pada diri sendiri agar kita sadar bahwa kepergiannya tidak seburuk itu. Mungkin keputusannya untuk pergi justru adalah salah satu cara terbaik untuk kalian berdua tetap bahagia.

Saatnya Menjadi Diri Sendiri

Saat bersama pasangan, kamu mungkin dipaksa menjadi seperti apa yang ia inginkan. Misalnya, jika kamu suka artis Korea tapi dia selalu meminta berhenti jadi penggemar, kini saatnya kembali menjadi diri sendiri. Jalani hidup yang kamu mau.

Cintai Dirimu Sendiri

Bagaimana orang lain bisa mencintaimu jika kamu tak dalam melakukannya untuk dirimu sendiri? Mereka akan sulit menerima kehadiranmu yang tidak percaya diri saat berinteraksi dengan mereka.

Cinta dirimu sendiri terlebih dahulu. Berhenti menganggap dirimu rendah. Kamu adalah orang terbaik di mata orang yang tepat, termasuk dirimu sendiri.

Meningkatkan Kualitas Diri

Tidak hanya tampilan fisik, pendidikan yang tinggi dan kondisi finansial yang lebih mapan juga bisa meningkatkan kualitas dirimu.

Jalani kehidupan yang kamu miliki saat ini. Cobalah hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan. Carilah kedamaian dalam dirimu dan fokuslah pada masa depan, bukan masa lalu.

Hilangkan Harapan

Berhenti berharap bahwa suatu saat ia akan kembali padamu. Jika tetap berharap, kamu tidak akan pernah bisa melupakannya dan bakal tinggal di masa lalu selamanya.

Biarkanlah skenario Tuhan berjalan sebagaimana mestinya. Jalanilah kehidupanmu saat ini dan fokus pada masa depan yang akan kamu hadapi.

Kuatkan Dirimu

Perpisahan dengan orang tercinta adalah hal yang sangat menyakitkan. Rasa sakit yang luar biasa itu harus kamu hadapi dengan tegar.

Buktikan bahwa kamu akan tetap baik-baik saja setelah ia pergi. Tunjukkan dirimu sebagai orang yang kuat dan tegar menghadapi berbagai badai kehidupan.

Jatuh Cinta Lagi

Cobalah untuk mencari cinta yang baru, tetapi bukan hanya menjadikannya pelarian sesaat. Kamu yang sekarang adalah versi terbaru dan lebih baik.

Ketahuilah bahwa kamu pantas untuk dicintai oleh orang yang lebih baik. Rasa sakit di masa lalu tidak bisa menghentikanmu untuk melanjutkan hidup dengan lebih baik.

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Bulan Madu, Ini Maknanya jika Perginya Bukan Bersama Pasangan

Itulah beberapa cara melupakan seseorang yang dicintai untuk bisa tetap melanjutkan hidup. Semoga bermanfaat! (*Muhamad Iqbal Fathurahman).

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI