7 Manfaat Jamu Kunyit Asam, Bukan Hanya Bantu Mengatasi Nyeri Haid

Konsumsi jamu kunyit asam juga baik untuk perawatan kecantikan kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 08 Desember 2023 icon 15:30 WIB
7 Manfaat Jamu Kunyit Asam, Bukan Hanya Bantu Mengatasi Nyeri Haid

Ilustrasi minum kunyit asam. (Unsplash/Drew Coffman)

Baru-baru ini, Budaya Sehat Jamu resmi ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dari Indonesia. Bicara soal jamu, salah satu racikan yang paling populer adalah kunyit asam.

Kunyit asam terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah membantu meredakan nyeri haid yang umum dialami perempuan.

Apa lagi manfaat kunyit asam untuk kesehatan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Minuman Fiber, Sering Jadi Andalan Penjual Diet

1. Meredakan Nyeri Haid

Banyak perempuan minum jamu kunyit asam saat menstruasi. Selain meredakan nyeri, minuman ini juga memperlancar haid. Kandungan kurkumin bekerja mengurangi pemicu peradangan dan rasa nyeri yang muncul.

Ilustrasi jamu kunyit asam (Freepik/ededchechine)
Ilustrasi jamu kunyit asam (Freepik/ededchechine)

2. Bantu Mengatasi Keputihan

Baca Juga: Resep Jus Pelancar BAB, Ini 2 Minuman Sehat yang Gampang Dibuat

Kandungan yang bekerja optimal adalah mineral dan minyak atsiri yang ada di dalam kunyit asam. Keduanya dapat membersihkan darah haid yang tersisa di saluran tubafalopi dan mencegah munculnya keputihan.

3. Minuman Detoks

Kunyit asam juga bisa dikonsumsi sebagai minuman detoks. Racun yang masuk ke dalam tubuh bisa berasal dari mana saja sehingga memang perlu dikeluarkan secara reguler untuk menjaga kesehatan.

4. Mengatasi Perut Kembung

Kurkumin yang ada di dalam jamu ini berfungsi membantu otot organ pencernaan tetap bergerak lancar. Efeknya, tekanan gas di dalam perut bisa dikurangi.

5. Mencegah Penuaan Dini

Paparan radikal bebas dan pola makan tidak sehat bisa memicu penuaan dini. Oleh karenanya, konsumsi kunyit asam yang tinggi antioksidan bisa menjadi opsi menarik. Meski begitu, tentu saja kamu tetap perlu mengimbanginya juga pola hidup sehat.

6. Mengurangi Bau Badan Tak Sedap

Jamu kunyit asam juga bisa membantu mengatasi masalah bau badan. Konsumsi secara rutin dengan menambahkan daun beluntas supaya hasilnya optimal.

7. Baik untuk Perawatan Kulit

Baca Juga: Resep Minuman Lemon Madu, Bisa Bantu Meredakan Batuk

Manfaat kunyit asam lainnya berkaitan dengan perawatan kecantikan. Tingginya kandungan antioksidan dan vitamin C baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencerahkannya. Banyak juga orang yang mengonsumsi jamu ini untuk mengatasi bekas jerawat hingga wajah kusam.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI