4 Tips Mengelola THR Natal, Uangnya Jangan Langsung Dihabiskan!

Sudah dapat THR Natal? Berikut beberapa tipe mengelola uang tersebut secara lebih bijak.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 17 Desember 2023 icon 20:45 WIB
4 Tips Mengelola THR Natal, Uangnya Jangan Langsung Dihabiskan!

Inspirasi hampers untuk menyambut Natal 2023 (Freepik)

Menjelang Natal 2023, apakah kamu telah menerima tunjangan hari raya? Supaya tidak habis hanya untuk hal-hal konsumtif, kamu perlu mengelola uang THR Natal dengan lebih bijak.

Selain memenuhi kebutuhan hari raya, THR biasanya juga dimanfaatkan untuk modal liburan bersama keluarga atau orang terdekat. Namun, jangan sampai berujung impulsif.

Bagaimana cara mengelola THR Natal secara lebih efektif? Melansir Suara.com, berikut tips dari Bank DBS Indonesia.

Baca Juga: Resep Choco Chips Cookies, Manisnya Cocok Disajikan saat Natal

Ilustrasi natal. (Unsplash/Tyler Dogado)
Ilustrasi natal. (Unsplash/Tyler Dogado)

1. Membuat daftar kebutuhan secara rinci

Ini adalah salah satu langkah terpenting. Pastikan kamu tahu ke mana saja dana tersebut akan digunakan. Jika punya tradisi beli kado Natal untuk keluarga dan teman, buatlah daftar orang-orang yang akan kamu beri hadiah. Selain itu, catat barang apa yang ingin dibeli, termasuk anggaran yang dibutuhkan.

Jika berencana pergi liburan, pastikan sudah menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi dan biaya akomodasinya, termasuk transportasi, penginapan, makan dan jajan, hingga oleh-oleh. 

Baca Juga: Hari Libur Desember 2023, Ini Jadwal Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru

2. Lacak pemasukan dan pengeluaran

Kamu juga perlu mencatat pemasukan dan pengeluaran agar segalanya selalu sesuai rencana. Ini mungkin terkesan sepele, tetapi penting untuk menentukan skala prioritas, mengendalikan pengeluaran, serta membuat keputusan keuangan yang lebih bijak. Kamu pun bisa melihat apakah terjadi pemborosan berdasarkan anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.

3. Mulai perencanaan untuk tahun depan dengan menentukan tujuan tabungan

Menabung identik dengan menyisihkan uang untuk masa depan dan terkesan harus mengorbankan kesenangan saat ini. Padahal jika direncanakan secara cerdik, tidak harus seperti itu.

Caranya, tentukan tujuan menabung, misalnya untuk membeli rumah, investasi, liburan, atau nonton konser musisi favorit. Tujuan spesifik ini sangat membantu dalam menentukan jumlah dana yang harus ditabung setiap bulannya.

4. Cerdik berinvestasi untuk masa depan

Selain menabung, investasi juga termasuk cara mendapat pemasukan tambahan. Manfaatnya cukup banyak, seperti menumbuhkan aset, melindungi diri dari inflasi, hingga bantu selangkah lebih dekat dengan tujuan keuangan di masa depan.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Hampers Natal dan Tahun Baru, Pilih Dessert Berkualitas Premium

Sebelum berinvestasi, pastikan kamu telah memahami jenis-jenis produk investasi yang ada seperti reksadana, obligasi, deposito, dan lainnya. Kamu juga perlu mengetahui profil risiko diri sendiri supaya bisa menentukan produk investasi yang tepat dan sesuai kebutuhanmu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI