Manfaat Rutin Hubungan Intim, Otak Tetap Encer di Usia Senja

Apa saja manfaat melakukan hubungan intim secara rutin untuk kesehatan jangka panjang?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 19 Desember 2023 icon 20:30 WIB
Manfaat Rutin Hubungan Intim, Otak Tetap Encer di Usia Senja

Ilustrasi kakek dan nenek. (Unsplash/Rawpixel)

Kata siapa lansia tidak lagi membutuhkan aktivitas hubungan intim? Nyatanya, rutin berhubungan seksual di usia senja dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian oleh University of Coventry Inggris. Disebutkan bahwa lansia yang aktif berhubungan seks mempunyai fungsi kognitif lebih baik dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Penelitian tersebut dilakukan pada 2017 dengan partisipan berusia lebih dari 50 tahun dan memiliki tingkat aktivitas seks di atas rata-rata, baik dengan cara berhubungan seksual bersama pasangan, masturbasi, atau sekadar petting.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Hubungan Intim Membosankan, Ini Solusinya

Partisipan diminta untuk menjawab pertanyaan seputar kesehatannya serta mengungkapkan intensitas aktivitas seksual mereka.

Ilustrasi hubungan intim. (Shutterstock)
Ilustrasi hubungan intim. (Shutterstock)

Mereka juga diminta melakukan serangkaian tes guna mengukur kemampuan kognitif dan visuospasial, yakni kemampuan untuk menempatkan sebuah objek dalam sebuah tempat atau ruangan.

Hasilnya, lansia yang rutin berhubungan intim mendapatkan nilai lebih tinggi dari serangkaian tes tersebut. Partisipan laki-laki dan perempuan punya skor serupa. Artinya, manfaat seks rutin bagi lansia setara antara laki-laki dan perempuan.

Baca Juga: 7 Tips Memancing Gairah Suami, Goda Terus hingga Benteng Pertahanannya Runtuh

Walau demikian, para peneliti masih belum bisa menemukan kaitan bagaimana aktivitas seksual bisa meningkatkan kemampuan berpikir pada lansia.

"Orang-orang berpikir jika lansia tak suka hubungan seks, tetapi kita perlu menantang konsepsi ini pada tingkat masyarakat dan melihat dampak aktivitas seksual pada mereka yang berusia 50 tahun ke atas, lebih dari efek pada kesehatan seksual maupun kesehatan secara umum," ungkap Dr. Hayle Wright, ketua peneliti, dilansir dari Suara.com.

Para peneliti menduga, lansia yang aktif berhubungan intim mempunyai kemampuan kognitif lebih baik karena adanya perubahan transmisi saraf. Contohnya, hormon dopamin yang timbul setelah aktivitas seksual bisa bisa berpengaruh sehingga meningkatkan kemampuan berpikir.

Begitu pula senyawa oksitosin yang mungkin keluar lewat aktivitas seksual. Senyawa tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan berpikir seseorang.

Baca Juga: Mengaku Cinta Sejati, Kisah Pria Pernah Menjalin Asmara dengan Lumba-lumba

Hanya saja, penelitian terkait diakui masih mempunyai sejumlah keterbatasan. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lanjutan mengenai penemuan tersebut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI