5 Ide Liburan Tahun Baru di Bali, Buat Lebih Seru dan Berkesan

Berikut beberapa ide liburan seru bersama keluarga yang bisa dilakukan di Bali.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 28 Desember 2023 icon 07:00 WIB
5 Ide Liburan Tahun Baru di Bali, Buat Lebih Seru dan Berkesan

Menikmati keindahan alam. (Unsplash/Artem Bali)

Salah satu detinasi favorit untuk liburan keluarga adalah Pulau Dewata. Banyak orang berbondong-bondong membawa keluarganya ke Pulau Bali, tak terkecuali saat musim liburan akhir tahun.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengungkapkan bahwa baru-baru ini Bali dianugerahi The best island in Asia: Readers Choice Awards 2023 oleh Conde Nast Traveler. Hal tersebut tidak lepas dari destinasi wisata Bali yang semakin beragam, mulai dari hotel, villa, pantai, budaya, hingga wisata edukasi Taman Safari Bali.

Dilansir dari Suara.com, berikut beberapa inspirasi untuk membuat liburan keluarga di Bali terasa lebih seru.

Baca Juga: 8 Tips Liburan untuk Ibu Hamil, Jangan Sembarangan Berangkat Piknik

1. Mengunjungi Festival Budaya

Selain keindahan alamnya, Bali juga terkenal dengan kekayaan budaya yang layak dinikmati melalui berbagai festival. Ada banyak festival budaya yang diselenggarakan sepanjang Desember ini.

Di antaranya adalah Penglipuran Village Festival, Tabanan Fun Run, dan Pandawa Beach Festival. Selain itu, ada juga Sedang Barong Festival Badung dan Tabanan Food and Culture Festival.

Baca Juga: 10 Ide Rayakan Tahun Baru Bersama Pasangan, Dijamin Seru dan Romantis

Ilustrasi Pulau Bali. (Pexels/Aron Visuals)
Ilustrasi Pulau Bali. (Pexels/Aron Visuals)

2. Nikmati Indahnya Sunrise dan Sunset di Tepi Pantai

Pantai terbaik untuk menikmati matahari terbenam ada di Jimbaran, misalnya Pantai Suluban dan Pantai Kelan. Sementara jika ingin menyaksikan keindahan matahari terbit, kunjungi Pantai Nusa Dua, Pantai Padangbai, Pantai Lovina, hingga Candidasa.

3. Mengunjungi Kebun Binatang

Taman Safari Bali bisa menjadi destinasi alternatif saat liburan di Pulau Dewata. Ajak anak-anak berinteraksi langsung dengan satwa liar. Ada pula fasilitas safari pribadi menggunakan Jeep.

"Pengunjung dapat mencoba Safari Journey, sebuah perjalanan berkeliling dengan menggunakan tram khusus yang mengelilingi tiga wilayah berbeda: Indonesia, India, dan Afrika. Perjalanan selama kurang lebih 30 menit ini memungkinkan pengunjung untuk melihat satwa lebih dekat," ungkap Head of Marketing Taman Safari Bali, Inneke Ficianirum.

4. Menjajal Spot Viral

Beberapa waktu lalu, viral spot foto eksotis di kawasan Pandawa Beach Bali. Pesona utamanya adalah pemandangan jalan raya yang diimpit bukit batu karang.

Lokasi tersebut kini populer untuk melakukan berbagai pemotretan, dari mulai prewedding hingga syuting konten influencer. Bisa banget kalau mau buat foto keluarga juga di sini.

5. Monkey Forest

Ada banyak monkey forest yang bisa dikunjungi di Bali. Biasanya bertemu wisatawan, kawanan monyet umumnya sudah jinak. Mereka juga tidak kelaparan hingga mengganggu pengunjung karena makanan sudah diberikan oleh pengelola.

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun Bernuansa Barbie, Bisa Langsung ke Mal Ini!

Beberapa hutan monyet yang direkomendasikan adalah Monkey Forest Ubud dan Monkey Forest Alas Kedaton. Hanya waspadai lokasi yang belum komersial sehingga binatangnya masih liar dan berpotensi mengganggu pengunjung, misal di Puncak Wanagiri, Sanghyang Ambu, Uluwatu, Pantai Padang-Padang, Pantai Green Bowl, hingga Gunung Lempuyangan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI