Gaya Hidup Vegan Tingkatkan Gairah Seksual Perempuan, Begini Efeknya

Perempuan yang jadi vegan disebut mempunyai gairah seksual lebih tinggi. Kenapa bisa demikian?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 09 Januari 2024 icon 21:00 WIB
Gaya Hidup Vegan Tingkatkan Gairah Seksual Perempuan, Begini Efeknya

Ilustrasi perempuan yang menerapkan gaya hidup vegan (Freepik/wayhomestudio)

Apakah kamu sedang mempertimbangkan untuk mencoba gaya hidup vegan? Tahukah kamu bahwa pola makan ini bisa meningkatkan gairah seksual peermpuan?

Hal tersebut terungkap dalam penelitian Universitas Stanford. Hasilnya terungkap dalam serial dokumenter Netflix berjudul "You Are What You Eat". Studi dilakuakn dengan melacak 22 pasangan kembar identik yang menerapkan kebiasaan makan nabati selama delapan minggu.

Para peserta menjalani berbagai eksperimen ilmiah untuk mengeksplorasi bagaimana makanan tertentu bisa berdampak pada tubuh.

Baca Juga: 7 Tips Memancing Gairah Suami, Goda Terus hingga Benteng Pertahanannya Runtuh

"Penelitian ini tak cuma memberikan cara inovatif untuk menegaskan bahwa pola makan vegan lebih sehat daripada pola makan omnivora konvensional, tetapi penelitian ini juga merupakan hal yang menarik untuk dilakukan," ungkap Christopher Gardern, PhD, dilansir dari Suara.com.

Ilustrasi menu makanan vegan. (Unsplash/Alexandra Golovac)
Ilustrasi menu makanan vegan. (Unsplash/Alexandra Golovac)

Guna menguji dampak terhadap tingkat libido, dua pasangan kembar, Pam dan Wendy serta Carolyn dan Rosalyn, diminta menonton berbagai video berbeda, sementara peralatan laboratorium digunakan untuk mengukur suhu alat kelamin mereka. Tingkat suhu menjadi penanda level gairah seksual.

Para perempuan mulanya diminta menonton film dokumenter tentang burung untuk menilai pengukuran dasar mereka. Selanjutnya, mereka diminta menonton sejumlah film porno pilihan mereka sendiri.

Baca Juga: Ngeri! Promosikan Gaya Hidup Vegan, PETA Bikin Outfit dari Kulit Manusia

Eksperimen dilakukan sebelum keempat perempuan tersebut beralih ke pola makan vegan. Percobaan pun diulangi delapan minggu kemudian untuk melihat apakah pola makan nabati berdampak pada dorongan seks.

Ternyata tingkat libido keempat perempuan tersebut melonjak. Gairah Pam meningkat sebesar 371%, Wendy pun diketahui 288% lebih bersemangat setelah menjalani rencana pola makan vegan.

Sementara itu, tingkat gairah Carolyn melonjak 383%, sedangkan Rosalyn 212%. Ilmuwan Stanford tak menerangkan bagaimana tepatnya pola makan vegan bisa meningkatkan gairah secara drastis, tetapi berteori bahwa nutrisi dalam sayuran membantu meningkatkan aliran darah ke alat kelamin.

Baca Juga: Diet Terus tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Ketahui Penyebabnya

Masih butuh studi lebih lanjut untuk melihat apakah pola makan vegan punya dampak yang sama terhadap laki-laki. Jika ya, hal ini mungkin mendorong kaum Adam untuk menilai kembali stereotip veganisme. Pasalnya, banyak pria menganggap gaya hidup vegan tidak cukup jantan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI