4 Tips Work Life Balance, Boleh Kerja Keras tapi Jangan Lupa Istirahat

Simak beberapa tips mendapatkan work life balance berikut ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 17 Januari 2024 icon 07:00 WIB
4 Tips Work Life Balance, Boleh Kerja Keras tapi Jangan Lupa Istirahat

Ilustrasi perempuan bekerja. (Pixabay/Pexels)

Dinas luar kota seringkali dimanfaatkan pebisnis maupun karyawan untuk liburan. Sayangnya, terlalu sering bekerja sekaligus liburan berpotensi mengganggu work life balance.

Work life balance adalah keseimbangan waktu yang dihabiskan untuk bekerja dan melakukan hal- yang disukai dalam kehidupan pribadi.

Work life balance merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan maupun kepuasan hidup secara keseluruhan, termasuk menurunkan stres dan meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: Fadil Jaidi Tak Tega Makan Cumi Mentah di Thailand, Sebenarnya Aman Dikonsumsi atau Tidak?

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan work life balance? Melansir PsychCentral, berikut beberapa tipsnya.

Ilustrasi karyawan bekerja. (Pexels/ThisIsEngineering)
Ilustrasi karyawan bekerja. (Pexels/ThisIsEngineering)

1. Tetapkan target bekerja

Setiap orang bisa menetapkan target yang berbeda. Jadi, cobalah tetapkan target harian dalam bekerja. Begitu juga soal beraktivitas di luar jam kerja, tetapkan batasannya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Stonehenge, Situs Bersejarah yang Dikunjungi Azizah Salsha

Batas yang dibuat juga mesti dilihat dari sudut pandang tenggat waktu supaya beban kerja yang dirasakan realistis dan tak bikin stres.

2. Berbagi tugas rumah

Kamu mungkin ingin langsung istirahat begitu pulang kerja, tetapi sering kesulitan karena ada banyak tugas rumah yang telah menanti. Cobalah berbagi pekerjaan dengan anggota keluarga lainnya atau memanggil bantuan profesional untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tertentu.

3. Bekerja dengan efisien

Carilah tempat atau suasana yang membuat pekerjaan jadi lebih efisien. Suasana bekerja yang mendukung perlu dibangun sehingga fokusmu tidak perlu terbagi dengan hal lainnya.

4. Cukup istirahat

Tidur yang cukup jelas penting. Meski begitu, istirahat bukan cuma soal jam tidur. Perlu juga istirahat meninggalkan pekerjaan sejenak untuk mengurangi stres ataupun meningkatkan mood.

Misalnya, pergi mencari udara segar di luar kantor atau berjalan kaki untuk makan siang. Sekedar membeli kopi juga dapat sangat membantu atur ulang pikiranmu.

5. Me time

Baca Juga: 5 Gaya Pevita Pearce Main ke Pantai, Selalu Cantik dan Estetik

Kegiatan yang dapat menyenangkan diri sendiri atau menyehatkan bisa membantu memperbaiki work life balance. Misalnya, biasakan olahraga teratur, cuti, dan cukup tidur malam. Jika dibutuhkan, kamu juga disarankan mencari bantuan profesional saat alami masalah kesehatan mental.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI