8 Kegiatan Imlek Bareng Keluarga, Bikin Hari Libur Semakin Seru

Nyatanya, memang ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga saat Imlek.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 29 Januari 2024 icon 13:00 WIB
8 Kegiatan Imlek Bareng Keluarga, Bikin Hari Libur Semakin Seru

Ilustrasi imlek. (Unsplash/Humphrey Muleba)

Hari Raya Imlek akan jatuh pada 10 Februari 2024 mendatang. Momen tersebut umumnya dijadikan ajang umat Konghucu kumpul keluarga

Chinese New Year 2024 di Indonesia termasuk hari libur nasional dan jatuh di akhir pekan, jadi semua anggota keluarga bisa berkumpul untuk merayakannya. Selain itu, biasanya persiapan Hari Raya Imlek sudah mulai dilakukan sejak dua pekan sebelumnya.

Apa saja kegiatan Imlek yang bisa dilakukan bersama keluarga? Melansir China Highlights, berikut rekomendasinya.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Imlek di Indonesia, Bukan Cuma Kue Keranjang

1. Membersihkan rumah

Ini telah menjadi tradisi masyarakat Tionghoa jelang Hari Raya Imlek. Kegiatan menyingkirkan barang lama sebagai lambang mengucapkan selamat tinggal pada tahun lama dan menyambut tahun baru Imlek, tentu lebih asik dilakukan bersama keluarga.

Ilustrasi belanja buah di pasar. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi belanja buah di pasar. (Pixabay/Pexels)

2. Berbelanja

Baca Juga: Sebelum Imlek Boleh Potong Rambut atau Tidak? Begini Aturannya

Jelang Imlek, orang-orang semangat membeli makanan, jajanan, dekorasi, pakaian, hingga kembang api untuk memeriahkan acara tahun baru. Kegiatan ini juga akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama anggota keluarga.

3. Makan malam keluarga

Makan malam sebelum tahun baru Imlek atau reunion dinner wajib dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Selain di rumah, kamu dan keluarga juga bisa menikmati hidangan lezat di restoran Tiongkok.

4. Saling memberi angpau

Biasanya orang tua akan memberikan angpao berupa amplop merah kepada anak-anak setelah reunion dinner. Ini adalah momen di mana anggota keluarga saling mendoakan kesehatan dan rezeki yang semakin baik di tahun mendatang.

Sebagai informasi, uang dalam amplop merah dipercaya membawa keberuntungan oleh masyarakat Tiongkok.

5. Ikut acara festival lentera

Selama periode awal tahun baru China, biasanya banyak festival yang digelar. Salah satunya adalah festival lentera yang terlalu sayang dilewatkan.

6. Minum teh bersama

Kamu juga bisa menikmati momen minum teh bersama anggota keluarga sambil berbincang hangat. NIkmati minuman menyehatkan itu dengan camilan kemakmuran khas Imlek.

7. Menonton pesta kembang api

Saat Imlek, jangan lupa menikmati pesta kembang api. Di Indonesia, kegiatan ini umumnya diadakan di Chinatown yang terdapat di berbagai daerah.

Baca Juga: Berdasarkan Shio, Ini Rekomendasi Warna Baju Imlek 2024

Tahukah kamu? Ada kepercayaan bahwa semakin keras suara petasan, maka semakin baik dan banyak keberuntungan sepanjang tahun.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI