Bawa Hoki, 12 Camilan Kemakmuran Ini Disajikan saat Imlek

Apa saja camilan kemakmuran yang harus ada saat perayaan Imlek?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 29 Januari 2024 icon 18:00 WIB
Bawa Hoki, 12 Camilan Kemakmuran Ini Disajikan saat Imlek

Ilustrasi membuat pangsit untuk disajikan saat perayaan Imlek (Pexels/Angela Roma)

Apa makanan khas Imlek favoritmu? Banyak camilan kemakmuran alias lucky food yang sebaiknya jangan kamu lewatkan saat perayaan Imlek.

Imlek 2024 bertepatan dengan Tahun Naga Kayu yang mencerminkan keberuntungan, kekuatan, dan kesehatan. Masyarakat Tiongkok percaya bahwa harapan baik itu bisa ditambah peluangnya lewat makanan yang disantap saat Imlek.

Dilansir dari Taste of Home, berikut beberapa camilan kemakmuran saat Imlek.

Baca Juga: Sebelum Imlek Boleh Potong Rambut atau Tidak? Begini Aturannya

1. Pangsit

Menurut legenda kuno, jumlah pangsit yang dimakan selama perayaan Imlek memprediksi banyaknya uang yang akan dihasilkan di tahun mendatang. Jadi, makan lebih banyak, akan lebih baik.

Ilustrasi imlek. (Unsplash/Humphrey Muleba)
Ilustrasi imlek. (Unsplash/Humphrey Muleba)

2. Mi panjang umur

Baca Juga: Ingin Bikin Anak Suka Buah? Simak 5 Tips di Bawah Ini

Changshou mian adalah sajian mi yang panjangnya bisa mencapai dua kaki. Menurut tradisi Tiongkok, semakin panjang mi, keberuntungan semakin besar.

Namun, hati-hati supaya mi tidak rusak atau putus saat proses memasak. Pasalnya, itu bisa mencerminkan nasib buruk.

3. Nampan kebersamaan

Sebanyak 6 - 8 jenis makanan yang disajikan melambangkan keberuntungan. Nampan berbentuk bulat sebagai lambang kedamaian dan keharmonisan keluarga. Isinya berbagai macam camilan, seperti buah kering , kacang-kacangan, atau permen. 

4. Lumpia

Menyerupai emas batangan, lumpia juga diyakini membawa kekayaan dan keberuntungan. Isian lumpia sangat beragam, seperti daging babi, tauge, wortel parut, kol, dan berbagai macam sayuran lainnya.

5. Jeruk

Jenis buah yang disarankan harus ada adalah  jeruk kumquat, jeruk keprok, pomelo yang kerap dijadikan hadiah makanan tahun baru. Warna kuning cerah menyerupai emas melambangkan kemakmuran.

6. Bola nasi manis

Bentuknya yang bulat menandakan persatuan. Makanan ini melambangkan keharmonisan dan kebersamaan keluarga karena namanya tang yuan, terdengar seperti kata reuni dalam bahasa Mandarin, yakni tuan yuan.

7. Ikan

Dalam bahasa Mandarin, pengucapan kata ikan terdengar mirip dengan kemakmuran. Untuk menjamin kesuksesan di tahun mendatang, ikan kukus menjadi hidangan rutin di meja perayaan Imlek.

8. Year cake

Dalam bahasa Mandarin, kue ini disebut nian gao, diucapkan seperti tahun yang lebih baik sehingga menjadikannya bisa membawa keberuntungan.

Kue berbahan tepung ketan ini mulanya disajikan sebagai persembahan saat upacara ritual. Kini, orang-orang memakannya pada hari pertama tahun baru untuk mendatangkan kesehatan, kekayaan, dan kebahagiaan.

9. Delapan nasi harta karun

Hidangan tradisional berbahan ketan ini dihiasi delapan 'harta karun', yakni biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan seperti plum, nangka, dan kismis. Delapan sendiri merupakan angka keberuntungan dalam budaya Tiongkok. 

10. Fa Gao

Bentuknya menyerupai kue tepung beras kukus dengan bagian atasnya yang terbelah. Menurut tradisi, semakin banyak bagian atas kue, semakin beruntung di tahun yang baru.

11. Kue almond

Kue ini dianggap membawa keberuntungan finansial. Bentuk bulat yang menyerupai koin melambangkan kekayaan dan nasib baik.

12. Ayam utuh

Baca Juga: Berdasarkan Shio, Ini Rekomendasi Warna Baju Imlek 2024

Ini adalah makanan yang mewakili keutuhan dan kemakmuran di tahun baru. Kata China untuk ayam adalah homofon untuk keberuntungan dan kekayaan besar serta melambangkan persatuan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI