Meriahkan Perayaan Imlek 2024, Yuk Nonton Barongsai dan Wayang Potehi di Sini!

Ingin tahu dimana kalian bisa nonton pertunjukan Wayang Potehi dan Barongsai?

By: Ririn Indriani icon Minggu, 04 Februari 2024 icon 09:23 WIB
Meriahkan Perayaan Imlek 2024, Yuk Nonton Barongsai dan Wayang Potehi di Sini!

Mengusung tema Shanghai Broadway, Mal Ciputra Jakarta menggelar serangkaian Perayaan Imlek yang berlangsung mulai 1 hingga 18 Februari 2024. (Foto: Istimewa)

Mengusung tema "Shanghai Broadway", Mal Ciputra Jakarta menggelar serangkaian Perayaan Imlek yang berlangsung mulai 1 hingga 18 Februari 2024.

Dibuka oleh Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta, pada Sabtu (3/2/2024), program tahunan tersebut diawali dengan acara demo membuat dumpling bersama yang merupakan salah satu tradisi perayaan Tahun Baru Imlek.

Ferry Irianto menjelaskan dalam tradisi Tionghoa, membuat dumpling atau pangsit menjelang perayaan Tahun Baru Imlek biasa dilakukan bersama keluarga, merupakan symbol meninggalkan tahun yang berlalu dengan menyambut tahun yang baru.

Baca Juga: Jelang Imlek, Simak 5 Shio Paling Beruntung di Tahun Naga Kayu 2024

Selain disantap saat tahun baru Imlek, proses pembuatan pangsit juga sangatlah penting, menjelang perayaan tahun baru Imlek seluruh anggota keluarga akan membantu membungkus dumpling atau pangsit untuk disajikan saat malam tahun baru.

"Pada momen Opening event Shanghai Broadway, kami mengajak para tamu undangan untuk bersama-sama membuat dumpling dalam 5 bentuk atau model yang akan dipandu oleh Chef Senior Indonesia Yongki Gunawan," terangnya.

Dumpling Cooking Demo bersama Chef Yongki Gunawan didampingi oleh Rietta Amilia (Mama Rietta) dan Desiree Tarigan (Mamitoko) dan Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta, pada Sabtu (3/2/2024). (Foto: Istimewa)
Dumpling Cooking Demo bersama Chef Yongki Gunawan didampingi oleh Rietta Amilia (Mama Rietta) dan Desiree Tarigan (Mamitoko) dan Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta, pada Sabtu (3/2/2024). (Foto: Istimewa)

Chef Yongki Gunawan dikenal sebagai Consultant Chef & Guru yang membimbing restoran, bakery, dan kafe dari dalam hingga luar negeri selama 40 tahun lebih di bidang kuliner, dan pendidikan masakan dan kue di tiga negara, Indonesia, Perancis dan Jerman.

Baca Juga: Bawa Hoki, 12 Camilan Kemakmuran Ini Disajikan saat Imlek

Sesuai dengan tema, menjadi suguhan hiburan utama pada opening event ini adalah selain Demo Membuat Dumpling, juga hiburan khas Imlek lainnya seperti Shanghai Broadway Show, Barongsai Tonggak dan Wayang Potehi.

“Di Tahun Naga Kayu ini, kami ingin mengajak para tamu menyambut tahun yang baru dengan merasakan pengalaman membuat dumpling atau pangsit bersama-sama yang diharapkan dapat dipenuhi dengan kekuatan, kemuliaan, kehormatan, keberuntungan, dan kesuksesan. Untuk para pengunjung diharapkan ada sajian hiburan yang unik, menarik dan positif untuk dinikmati bersama keluarga selama perayaan Imlek berlangsung di sini,” ujar Ferry.

Shanghai Broadway Show menghadirkan kolaborasi apik antara tarian, musik dan lagu ala Shanghai Broadway, Pertunjukkan Barongsai yang menjadi icon di setiap perayaan Imlek, serta Wayang Potehi.

Menjadi tradisi Imlek Mal Ciputra Jakarta dan sebagai mal yang memelopori Perayaan Imlek dengan pertunjukan Wayang Potehi, kembali menghadirkan Dalang Sugio Waluyo atau lebih dikenal dengan Dalang Subur yang didatangkan langsung dari Surabaya.

Wayang Potehi bersama Dalang Subur dari Surabaya yang digelar Mal Ciputra Jakarta selama perayaan Imlek yang berlangsung mulai 1 hingga 18 Februari 2024. (Foto: Istimewa)
Wayang Potehi bersama Dalang Subur dari Surabaya yang digelar Mal Ciputra Jakarta selama perayaan Imlek yang berlangsung mulai 1 hingga 18 Februari 2024. (Foto: Istimewa)

Duapuluh tahun sudah keberadaan Wayang Potehi menghibur para pengunjung di pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Grogol tersebut, kali ini yang akan diangkat adalah kisah klasik dari negeri Cina tempo dulu berjudul Tik Tjheng Ban Hwa Lauw, yang bercerita tentang asal muasal dari Jendral Negeri Song yang cukup terkenal yaitu Jenderal bernama Tik Tjheng.

Asalnya Tik Tjheng ini adalah putra panglima. Ketika Tik Tjheng masih kecil ayahnya telah meninggal dan ketika Tik Tjheng sudah dewasa dia bersama temannya naik di suatu paseban Lo Teng yang sangat bagus.

Lo Teng itu tidak boleh dinaiki orang lain tanpa ijin pemiliknya tapi Tik Tjheng memaksa akhirnya perkelahian terjadi. Pemilik Lo Teng itu mati terbunuh, akhirnya Tik Tjheng cs ditangkap dan dipenjara. Kemudian Tik Tjheng bebas dari penjara bahkan akhirnya dia diangkat menjadi Jendral karena:

1. Tik Tjheng keturunan orang setia.
2. Tik Tjheng keponakan dari ibu suri/mama raja.
3. Tik Tjheng mempunyai ilmu silat/perang yg hebat.

Naga itu adalah simbol seorang Raja, tanpa diketahui Tik Tjheng itu ternyata keponakan dari Raja Song Tiauw, cerita selanjutnya dapat disaksikan langsung bersama Dalang Subur di Mal Ciputra Jakarta.

Baca Juga: 8 Kegiatan Imlek Bareng Keluarga, Bikin Hari Libur Semakin Seru

Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat menikmati rangkaian acara menarik lainnya selama event Imlek Shanghai Broadway Show.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI