Tips Wujudkan Pernikahan Impian, Jangan Melebihi Kemampuan Bujet

Biaya pernikahan impian perlu dipersiapkan dengan pertimbangan matang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 09 Februari 2024 icon 16:00 WIB
Tips Wujudkan Pernikahan Impian, Jangan Melebihi Kemampuan Bujet

Ilustrasi upacara pernikahan. (Unsplash/Luis Tosta)

Ada banyak hal yang perlu disiapkan untuk mewujudkan pernikahan umpuan. Tentu saja pasangan mesti menentukan tujuan dan konsep pernikahan sejak awal agar dapat segera mempersiapkan dana yang dibutuhkan.

Perencanaan tersebut mesti mencakup detail tujuan, konsep, dan perhitungan biaya yang dibutuhkan. Sangat penting memiliki dana yang telah disisihkan khusus untuk pernikahan ketimbang mengandalkan uang hadiah atau bantuan finansial lainnya dari tamu undangan maupun pihak lain.

"Idealnya generasi muda harus memiliki budget maksimal sesuai perencanaan. Kelolalah biaya-biaya pernikahan itu kurang lebih 80 - 95 persen dari dana yang dimiliki. Jangan mengandalkan hadiah, uang bonus, amplop atau angpau, atau pemberian lainnya untuk pernikahan. Lebih aman mengasumsikan perayaan itu tidak akan balik modal," kata Pakar Perencanaan Keuangan Melvin Mumpuni, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Cincin Pernikahan, Harus Senada dengan Gaun Pengantin?

Ilustrasi Pasangan Menikah (Pexels/Trung Nguyen)
Ilustrasi pasangan menikah (Pexels/Trung Nguyen)

Perlu dipahami bahwa pernikahan butuh biaya yang signifikan. Oleh karenanya, sebelum menentukan anggaran pernikahan, penting bagi calon pengantin untuk mempunyai pemahaman yang jelas tentang apa yang mereka inginkan dari pernikahan tersebut, termasuk riset harga vendor untuk menghindari kelebihan anggaran.

Memeriksa kondisi keuangan masing-masing pasangan juga sangat penting. Ini untuk mengetahui sumber dana yang tersedia untuk merencanakan pernikahan tanpa mengganggu keuangan masa depan mereka.

"Kuncinya adalah membangun komunikasi yang intens baik dengan pasangan, orang tua, dan calon mertua untuk menentukan perencanaan pernikahan yang selain dapat mewujudkan impian kedua pasangan, tetapi juga tidak mengganggu kesinambungan finansial pasangan menikah tersebut ke depan," terang dia.

Baca Juga: Hasil Survei: Resepsi Pernikahan dengan Tamu Skala Besar Masih Disukai

Baca Juga: Tren Tema Pernikahan 2024, Siap Melepas Masa Lajang?

Pasangan yang berencana menikah juga disarankan untuk memanfaatkan ajang pameran pernikahan. Ini merupakan salah satu jalan pintas mencari informasi tentang biaya-biaya terkait pernikahan. Pameran memungkinkan mereka untuk memaksimalkan anggaran pernikahan dengan menemukan vendor yang sesuai bujet.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI