Olahraga Favorit Prabowo Subianto, Ini Manfaat Berenang untuk Lansia

Prabowo Subianto memilih berenang setelah menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 15 Februari 2024 icon 13:30 WIB
Olahraga Favorit Prabowo Subianto, Ini Manfaat Berenang untuk Lansia

Prabowo Subianto (Instagram/prabowo)

Prabowo Subianto memilih berenang di kediamannya usai mencoblos di TPS 033 Bojong Koneng, Hambalang, Jawa barat, Rabu (14/2/2024) kemarin. Hal itu pun sukses mencuri perhatian publik.

Kepada awak media, Prabowo mengungkapkan alasan di balik kegemarannya pada olahraga renang. Rupanya, hal itu berkaitan dengan kondisi kakinya.

Prabowo mengaku punya masalah pada kaki kirinya. Dirinya tidak bisa berlari sehingga renang menjadi salah satu olahraga favoritnya sejak lama.

Baca Juga: Gaya Cantik Erina Gudono Ikut Kampanye Akbar, Pakai Busana Rancangan Desainer Kondang

"Karena saya punya masalah dengan kaki kiri saya, sudah nggak bisa lagi lari. Jadi berenang paling bagus bagi saya. Dengan berenang, saya bisa merenung di air," ujarnya, dilansir dari Suara.com.

Saat ditanya soal lamanya olahraga, Prabowo pun menjawab, "Tergantung waktu yang tersedia. Kalau bisa satu jam, ya, satu jam."

Renang termasuk jenis olahraga yang aman untuk semua usia, termasuk lansia seperti Prabowo Subianto. Olahraga ini membantu menjaga kesehatan tulang sehingga menurunkan risiko osteoporosis. 

Baca Juga: Pakai Makeup saat Olahraga, Boleh atau Tidak?

Setiap gerakan renang membangun kekuatan otot, meningkatkan fleksibilitas tubuh, bahkan meredakan nyeri sendi. Lansia juga bisa latihan mengatur pernapasan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Renang juga membantu mengatasi stres. Melansir Alodokter, otak akan melepaskan hormon endorfin lebih banyak saat berenang. Seperti diketahui, hormon ini berperan dalam menciptakan perasaan nyaman dan bahagia serta membantu mengilangkan perasaan cemas, takut, panik, sedih, dan stres. 

Berbagai studi juga mengungkapkan bahwa renang bermanfaat menstimulasi pertumbuhan sel-sel otak baru dan mengoptimalkan aliran darah ke otak. Efek positifnya adalah meningkatkan kemampuan fokus.

Baca Juga: Gaya Jokowi Pakai Batik saat Makan Bakso Bareng Prabowo, Ini Filosofinya

Itulah beberapa manfaat olahraga berenang bagi lansia. Tak heran jika Prabowo Subianto yang telah berusia lebih dari 70 tahun memilih olahraga ini untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI