5 Cara Mengatasi Baby Blues, Salah Satunya Butuh Pendengar yang Baik

Bagaimana cara mengatasi baby blues pada ibu melahirkan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 16 Februari 2024 icon 17:45 WIB
5 Cara Mengatasi Baby Blues, Salah Satunya Butuh Pendengar yang Baik

Ilustrasi ibu menyusui (Freepik/freepic.diller)

Kondisi baby blues tak boleh diremehkan karena bisa membayakan ibu maupun bayi yang baru lahir. Masyarakat perlu memahami cara mengatasi baby blues yang tepat.

Psikolog Klinis Eka Hospital BSD, Reynitta Poerwito mengungkapkan, baby blues umumnya muncul pada minggu pertama setelah melahirkan. Kondisi tersebut dapat berlanjut hingga 14 hari yang ditandai dengan perubahan emosi ibu secara drastis.

"Keadaan emosi naik dan turun secara cepat, mudah lupa dan merasa sedih merupakan salah satu gejala dari baby blues. Bukan gangguan mental atau kejiwaan, namun baby blues berbeda dengan postpartum depression yang tingkat keparahannya lebih tinggi," ungkapnya, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Nikita Willy Punya Anak Tetap Bisa Me Time, Ini Kunci Pentingnya

Baby blues umumnya ditandai dengan mood swing. Sang ibu mungkin menangis tanpa sebab yang jelas, sensitif terhadap lingkungan, insomnia, emosi tidak stabil, sedih dan cemas berlebih, merasa tidak berdaya, hingga selalu kelelahan serta sulit konsentrasi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi baby blues? Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan suami dan orang-orang di sekitar ibu melahirkan.

1. Jangan cemas berlebihan

Baca Juga: Nana Mirdad Temukan Bayi Telantar, Begini Cara Adopsi Anak dan Syarat Lengkapnya

Cemas berlebihan biasanya bermula dari ketidaktahuan seseorang soal penyakit atau kondisi yang tengah dialami. Alih-alih panik terus-menerus, sebaiknya pelajari mood swing lewat informasi dari berbagai media dan berkonsultasi pada dokter.

"Dengan demikian, ibu hamil menjadi lebih mengerti tentang apa yang sedang dihadapinya," ucap Reynitta.

2. Lakukan kegiatan menyenangkan

Luangkan waktu untuk menekuni kembali hobi lama seperti melukis, menulis, membaca novel, berjalan-jalan, dan lain sebagainya untuk menghadirkan lagi perasaan bahagia.

3. Olahraga supaya lebih rileks

Aktivitas fisik juga bisa membantu menangani mood swing. Beberapa olahraga yang direkomendasikan antara lain yoga, renang, jalan pagi, stretching, dan meditasi.

4. Biarkan ibu bicara

Ibu baru melahirkan butuh orang yang dapat percaya untuk menuangkan perasaan. Ini membantu sang ibu mendapatkan solusi ataupun sekedar bersenda gurau. Adanya teman bicara membuat ibu tenang dan merasa mendapat dukungan yang dibutuhkan.

5. Konsultasi dengan ahli

Baca Juga: Nana Mirdad Temukan Bayi Telantar di Semak Dekat Rumah, Kondisinya Menyayat Hati

Jika perlu, jangan ragu konsultasikan kondisi yang dialami pada dokter atau psikolog guna mendapatkan bimbingan serta penanganan lebih lanjut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI