5 Tips Traveling di Bulan Puasa, Serunya Liburan saat Ramadan

Simak beberapa tips traveling seru dan nyaman di bulan Ramadan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 14 Maret 2024 icon 21:00 WIB
5 Tips Traveling di Bulan Puasa, Serunya Liburan saat Ramadan

Ilustrasi perempuan berhijab. (Unsplash/Asyrull R)

Banyak orang enggan melakukan perjalanan jauh di bulan Ramadan. Namun, ada pula yang tetap semangat traveling sambil menjalankan ibadah puasa.

Mau liburan di bulan Ramadan? Berikut 5 tips yang bisa jadi perhatian, dilansir dari siaran pers AirAsia MOVE.

1. Memilih jadwal penerbangan

Baca Juga: Pakai Lipstik Bikin Puasa Batal? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

Jika memungkinkan, pilih jadwal penerbangan setelah waktu berbuka dan tiba sebelum sahur. Bisa juga memilih waktu sehabis sahur dan tiba di tujuan menjelang berbuka.

Pada penerbangan jarak jauh, kamu akan dapat melihat terbenamnya matahari yang menandakan waktu berbuka. Awak kabin juga bakal membantu penumpang untuk memastikan jam berbuka atau mulai berpuasa.

Ilustrasi perempuan berhijab. (Unsplash/Ifrah Akhter)
Ilustrasi perempuan berhijab. (Unsplash/Ifrah Akhter)

2. Daftar restoran halal terdekat

Baca Juga: 3 Dosa yang Menghilangkan Pahala Puasa, Jangan Dianggap Remeh!

Buat daftar restoran halal di sekitar destinasi wisata. Jika kamu khawatir restoran yang hendak dituju banjir antrean di waktu berbuka, coba lakukan reservasi online melalui aplikasi.

Pada aplikasi AirAsia MOVE, kamu dapat memilih ratusan ribu restoran di Jakarta, Bali, Kuala Lumpur, sampai Thailand (Bangkok, Chiang Mai, Phuket, Pattaya).

3. Bawa cemilan dan air minum

Mungkin akan ada situasi di mana kamu tak bisa menjumpai restoran terdekat yang halal untuk berbuka puasa maupun sahur. Sebagai antisipasi, bawa selalu camilan seperti biskuit atau roti dan air minum. Pastikan juga tubuh cukup terhidrasi untuk menjaga kesehatan sepanjang perjalanan.

4. Pilih akomodasi ramah puasa

Ketika merencanakan perjalanan liburan, pesan akomodasi yang mendukung ibadah puasa, mulai dari fasilitas musala hingga ketersediaan menu sahur dan berbuka.

5. Lokasi masjid terdekat

Baca Juga: 7 Tips Bangun Sahur Tanpa Drama, Pasang Alarm hingga Hindari Kafein

Saat menyusun rencana perjalanan, ingatlah untuk menyisipkan lokasi masjid terdekat di setiap destinasi. Ini akan memudahkanmu menunaikan ibadah salat lima waktu selama traveling.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI