Ini Bahaya Sering Belanja Pakai Jastip, Apa Solusinya?

Sering belanja jalur jastip? Ketahui beberapa bahaya dan risiko yang perlu diwaspadai.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 20 Maret 2024 icon 16:00 WIB
Ini Bahaya Sering Belanja Pakai Jastip, Apa Solusinya?

Ilustrasi hobi belanja. (Unsplash/Freestock.org)

Aktivitas membeli barang impor hingga penggunaan jastip alias jasa titip semakin ramai belakangan, mulai dari produk kosmetik, mode, hingga makanan. Hal ini rupanya dinilai dapat mengganggu pangsa pasar dari produk UMKM dalam negeri. 

Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) memandang bisnis ritel dan industri dalam negeri mengalami kesulitan karena banjirnya barang impor ilegal dengan harga murah, tetapi tidak memenuhi ketentuan keamanan dan merugikan negara. Bisa juga merusak kompetisi dengan pelaku usaha yang jujur karena tidak membayar pajak.

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah menyayangkan tentang penerapan Permendag No. 3 Tahun 2024 mengenai Kebijakan dan Pengaturan Impor yang dinilai belum tegas. Pasalnya, hal itu dapat membuka peluang untuk dilakukannya impor ilegal dan jastip.

Baca Juga: Aplikasi My Super Indo Versi Baru Tawarkan Banyak Benefit, Apa Saja?

Ilustrasi kurir antar paket. (Pexels/Pavel Danilyuk)
Ilustrasi kurir antar paket. (Pexels/Pavel Danilyuk)

"Di sisi lain, Permendag No. 3 tersebut dan aturan teknis pelaksanaannya belum memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha karena memberikan ruang diskresi yang luas dalam mekanisme penerbitan izinnya. Kepastian dan kejelasan mekanisme penghitungan pemberian
izin sangat diperlukan untuk melindung pelaku usaha," ungkap Budi saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (19/3/2024) kemarin, dilansir dari Suara.com.

Budi berpendapat, aturan yang ada penting ditegakkan untuk memperketat aturan produk yang beredar di dalam negeri dari import ilegal, baik dari pelabuhan maupun jastip melalui kargo udara dan laut yang tidak membayar pajak dan mematikan produk UKM dan lokal. 

Budi pun mengajak agar masyarakat tetap menggunakan produk lokal. 

Baca Juga: 4 Tipe Orang Belanja di E-Commerce, Ada Si Paling Gercep!

"Jadikan Indonesia menjadi Tourism Shopping Destination sehingga turis juga tertarik untuk berwisata dan berbelanja di Indonesia. Karena Indonesia dapat memberikan harga yang kompetitif dan koleksi yang lengkap sehingga bisa bersaing dengan negara tetangga," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja memaparkan, pembatasan barang bawaan penumpang pesawat bisa menjadi salah satu upaya untuk memberantas impor ilegal berkedok jastip. 

Baca Juga: Kartika Putri Belanja Bulanan Habis Rp17 Juta, Ternyata Ini Alasannya

Dia memaparkan, "Tentunya pembatasan barang bawaan penumpang pesawat bukan satu-satunya pintu masuk impor ilegal, masih banyak akses masuk impor ilegal lainnya yang juga harus ditangani secara serius oleh pemerintah. Pembatasan barang bawaan penumpang pesawat tidak akan efektif jika tidak dibarengi dengan penutupan lubang-lubang impor ilegal lainnya yang mana justru disinyalir malah lebih masif jumlah dan nilainya."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI