5 Tips Berwisata ke Dufan Ancol

Berikut ini tips berkunjung ke Dufan di kawasan Pantai Wisata Ancol.

By: Risna Halidi icon Sabtu, 13 April 2024 icon 23:37 WIB
5 Tips Berwisata ke Dufan Ancol

Dufan (Instagram)

Pengelola destinasi wisata Ancol ungkap tips berkunjung ke Dufan saat libur lebaran 2024. Arahan ini penting diingat setelah baru-baru ini viral destinasi wisata Jakarta itu dibanjiri pengunjung hingga membludak.

Media Relations di PT Pembangunan Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho mengatakan sudah jadi hal lumrah jika Dufan dibanjiri pengunjung saat musik mudik lebaran. Ia juga mengatakan puncak kunjungan di Ancol dan Dufan akan terjadi hingga 24 April 2024.

"Biasanya kalau yang sudah sudah di setiap momen lebaran di hari ke-2 dan hari ke-3 dan hari ke-4 adalah puncak kunjungan tertinggi, dan oleh karena itu kami menambah jumlah petugas lapangan, kami menambahkan show-show baru untuk bisa memberikan hiburan," ujar Eko saat dihubungi suara.com, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: Potret Ishana Anak Dian Sastro yang Tampil Kece Pakai Sandal Belasan Juta

Berikut ini tips berkunjung ke Dufan dikutip Dewiku dari Suara.com, saat musim mudik lebaran yang perlu diperhatikan:

1. Beli tiket online
Saat Ancol sudah menerapkan sistem pembayaran digital, sehingga pengunjung bisa memesan tiket tanpa harus khawatir terkena kemacetan antrean di pintu masuk. Hal ini juga akan memudahkan pengunjung dalam membayar tiket sehingga tidak memusingkan uang kembalian.

"Kita mengimbau pengunjung untuk membeli tiket secara online, supaya nanti mempermudah masuk ke kawasan Ancol dan Dufan," kata Eko

Baca Juga: Erina Gudono dan Kaesang Pangarep Rayakan Lebaran dengan Sesi Photoshoot Spesial

2. Pakai kendaraan umum
Alih-alih menggunakan kendaraan pribadi yang dikhawatirkan alami kemacetan, Eko lebih menyarankan pengunjung menggunakan transportasi publik seperti kereta commuter line dan berhenti di stasiun Ancol. Bisa juga mengendarai transjakarta jurusan koridor 5.

"Koridor 5 itu bisa jurusan Kampung Melayu-Ancol. Koridor 5D PGC-Ancol dan koridor 5E jurusan Kampung Rambutan-Ancol nanti bisa turun di Halte Ancol dan lanjutkan jalan kaki menuju pintu Ancol," ungkap Eko.

3. Manfaatkan kantong parkir
Eko mengatakan mengantisipasi kepadatan kendaraan di dalam Ancol, pihaknya sudah menyediakan kantong parkir yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Namun pengunjung tidak perlu khawatir bagi pejalan kaki atau yang memanfaatkan kantong parkir, ada disediakan angkutan yang memudahkan pengunjung mendatangi berbagai wahana tertentu termasuk di antaranya Dufan.

"Ketika masuk ancol nanti bisa melanjutkan perjalanan ke unit lain maupun dufan dengan bus wara-wiri yang disediakan gratis, totalnya itu dalam 3 hari ini per harinya ada 97 unit," jelas Eko.

4. Perhatikan aturan membawa makanan
Dijelaskan Eko jika area Ancol pengunjung dibebaskan untuk membawa perbekalan makanan, termasuk jika ingin piknik di pinggir pantai. Tapi aturan ini berbeda jika masuk ke dalam Dufan, petugas akan melarang pengunjung membawa makanan dan minuman kemasan.

"Di unit rekreasi ada kebijakan untuk dilarang membawa makanan dan minuman kemasan dari luar, jadi apabila terlanjur membawa nanti di depan sebelum masuk dufan disediakan ada loket penitipan untuk bisa menitipkan makanan dan minumannya," papar Eko.

5. Perhatikan jam operasional
Jam operasional Ancol dan Dufan kata Eko, tidak ada yang berbeda pada musim libur lebaran 2024 kali ini, yaitu Ancol dibuka sejak jam 5 pagi hingga 12 malam. Hanya saja khusus untuk Dufan hingga 21 April 2024 akan diberlakukan jam operasional untuk weekend atau hari libur.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Gratis di Jakarta, Bisa Jadi Alternatif Libur Lebaran

"Dufan buka jam 10 pagi dan tutup jam 8 malam, dan dufan juga jam 7 malam ada magical fireworks (kembang api), banyak atraksi ditambahkan menghibur pengunjung," jelas Eko.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI