Serabut Putih pada Buah Jeruk Ternyata Banyak Manfaatnya, Apa Saja?

Jangan buang serabut putih pada jeruk!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 19 Juni 2024 icon 19:30 WIB
Serabut Putih pada Buah Jeruk Ternyata Banyak Manfaatnya, Apa Saja?

Buah jeruk (Pixabay/NoName_13)

Baru-baru ini, kebiasaan unik kaesang saat mengucap jeruk untuk istrinya jadi sorotan. Pria ini membersihkan serabut jeruk dan menghilangkan bijinya agar Erina Gudono bisa langsung menyantapnya.

"Kalau aku makan jeruk, suamiku ngupasin seserabut-serabutnya dan keluarin bijinya satu-satu, katanya biar enak," ungkap Erina Gudono lewat unggahan Instagram Story.

Apakah kamu juga punya kebiasaan makan jeruk dengan menghilangkan serabut putihnya terlebih dahulu? Serabut putih yang disebut albedo ini rasanya memang tidak enak, tetapi banyak manfaatnya. Melansir Hello Sehat, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Erina Gudono Tetap Rajin Olahraga, Ini Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Jeruk mandarin. (Pexels/Pixabay)
Buah jeruk yang telah dikupas. (Pexels/Pixabay)

1. Kaya serat

Jeruk adalah buah yang kaya serat. Namun, siapa sangka menghilangkan serabut putihnya ternyata bisa mengurangi kandungan seratnya. Membersihkan seluruh serabut putih bahkan dapat mengurangi hingga 30 persen kandungan serat pada buah ini.

2. Vitamin C

Baca Juga: Asyik Kulineran di Jogja, Ini Jajanan Pasar Favorit Erina Gudono

Vitamin C tak hanya terkandung dalam bulir jeruk. Kandungan vitamin C albedo bahkan disebut nyaris setara dengan yang ada pada daging jeruk. Makan jeruk tanpa menghilangkan serabut putihnya bakal memperkaya asupan vitamin C.

Vitamin C sendiri memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah membantu merawat kecantikan kulit.

3. Mengandung antioksidan yang tinggi

Antioksidan berbentuk flavonoid banyak terkandung dalam serabut putih pada jeruk. Terdapat dua jenis flavonoid pada albedo, yakni naringen dan hisperidin. Keduanya berperan penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Erina Gudono Jadi Bintang Tamu Talkshow, Kalungnya Bikin Penasaran

Naringen juga memiliki keunggulan lain, yakni berfungsi sebagai zat yang dapat mengurangi lonjakan gula darah. Artinya, makan buah jeruk lengkap dengan serabut putihnya baik untuk orang yang mengalami diabetes.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI