Tak Cuma Lelaki, Ini Sederet Manfaat Sepakbola bagi Perempuan

Kepoin yuk, apa saja manfaat sepakbola untuk perempuan.

By: Ririn Indriani icon Selasa, 25 Juni 2024 icon 11:06 WIB
Tak Cuma Lelaki, Ini Sederet Manfaat Sepakbola bagi Perempuan

Ilustrasi sepakbola putri Indonesia. (Dewiku/Ririn Indriani)

Tak cuma lelaki, salah satu olahraga favorit masyarakat Indonesia, sepakbola, semakin banyak pula digemari oleh perempuan.

Hal tersebut dapat dilihat dari semakin banyaknya klub sepakbola putri di Indonesia yang menelurkan atlet sepakbola putri berprestasi, tak hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

Salah satunya adalah Zilfa Aninda Zefanya, atlet sepakbola putri berbakat yang memperkuat Timnas Putri Indonesia.

Baca Juga: Sering Bekali Makanan Siap Saji, Bisa Berdampak pada Tumbuh Kembang Anak Lho, Moms!

Ya, di usianya yang kini menginjak 18 tahun, ia telah menoreh banyak prestasi baik nasional maupun internasional, di antaranya: 8 besar Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2022, Piala Gubernur 2022, Piala AFF U18 Palembang 2022, Woman Football Champion (WFC) Singapore 2022, Pemanggilan tim nasional senior ke Filipina 2022, FIFA A Match Women Saudi Arabia Senior 2023, Juara 2 Pertiwi 2023, Top Score U17 Women's Football Exhibition 2023, dan masih banyak lagi.

Kesungguhan, mental dan semangat juang yang tinggi membuat Zilfa menjadi atlet muda sepakbola putri yang menginspirasi dan membanggakan tak hanya bagi keluarga dan daerahnya, tetapi juga bangsa Indonesia.

Zilfa Aninda Zefanya (18), atlet Timnas putri Indonesia bersama ibundanya, Iis Kristianti di acara Konferensi Pers "MilkLife Soccer Challenge" yang didukung oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation bersama Milklife di Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/6/2024).
Zilfa Aninda Zefanya (18), atlet Timnas putri Indonesia bersama ibundanya, Iis Kristianti di acara Konferensi Pers "MilkLife Soccer Challenge" yang didukung oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation bersama Milklife di Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/6/2024).

"Aku bersyukur banget punya orangtua (Mama) yang sangat mendukung. Mama selalu kasih semangat, nggak ambil pusing dengan omongan negatif, sepanjang apa yang aku lakukan positif. Apalagi keluarga besar aku memang pecinta sepakbola," ceritanya di acara Konferensi Pers "MilkLife Soccer Challenge" yang didukung oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation bersama Milklife di Bandung, baru baru ini.

Baca Juga: Jokowi Main Sepakbola di Jogja, Sepatunya Bikin Waswas

Berkat sepakbola, pemain gelandang ini mengaku, rasa percaya dirinya semakin menguat lantaran mampu menunjukkan potensi diri dan membuktikan bahwa perempuan juga bisa menjadi pesepakbola yang andal.

"Sepakbola membuat saya lebih percaya diri, karena saya bisa mendobrak stigma di masyarakat kalau sepak bola hanya boleh dimainkan anak laki-laki," tegas Zilfa diamini oleh ibunda tercinta, Iis Kristianti, yang mendampinginya.

Psikolog Klinis Anak dan Remaja Yusrinda S. Diwanti. (Dewiku/Ririn Indriani)
Psikolog Klinis Anak dan Remaja Yusrinda S. Diwanti. (Dewiku/Ririn Indriani)

Apa yang dikemukakan Zilfa dibenarkan oleh Psikolog Klinis Anak dan Remaja Yusrinda S. Diwanti. Ia menuturkan bahwa manfaat sepakbola bagi perempuan mampu menumbuhkan kepercayaan diri.

"Selain karena dia ikut terlibat dalam tim, juga merasa bangga dan berdaya akan dirinya karena mampu melakukan olahraga yang dicap hanya milik laki-laki, seperti apa yang dialami dan dirasakan oleh Zilfa," jelas Yusrinda di kesempatan yang sama.

Jadi, lanjut dia, orangtua memang harus mendukung bila anak perempuannya menyukai sepakbola.

"Perempuan suka sepakbola itu tidak aneh. Malah, orangtua perlu mendukungnya, karena sepakbola terbukti memberi dampak positif bagi kesehatan mental perempuan," imbuh Yusrinda.

Lantas, apa lagi manfaat lain dari olahraga sepakbola bagi anak, termasuk perempuan? Yusrinda menjelaskan anak mampu mengembangkan ketangguhan mental, terlatih fokus, percaya diri, dan tangguh dalam menghadapi hambatan.

Selain itu, anak juga belajar bekerja sama dengan pemain lain, mengambil keputusan, mengelola kecemasan serta bertahan di bawah tekanan saat bertanding.

Pembentukan karakter lewat sepakbola tentu saja sangat bermanfaat bagi anak menghadapi kehidupan sehari-hari.

 

 

 

Baca Juga: Intip 5 Potret Cantik Atlet Basket Aislinn Konig, Tunangan Pesepakbola Sandy Walsh

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI