Olahraga Ini Bantu Atasi Insomnia, Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Lakukan olahraga ini untuk bantu mengatasi masalah susah tidur.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 01 Juli 2024 icon 20:30 WIB
Olahraga Ini Bantu Atasi Insomnia, Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Ilustrasi perempuan olahraga di rumah (Freepik/stockking)

Tak sedikit orang yang mengalami susah tidur dan mencari berbagai cara paling efektif untuk mengatasi insomnia. Olahraga seperti latiihan beban rupanya bisa jadi salah satu opsi untuk meningkatkan kualitas tidur.

Hal tersebut berdasarkan laporan bertajuk "The Effects of Nonpharmacological Sleep Hygiene on Sleep Quality in Nonelderly Individuals" yang dipublikasikan dalam jurnal Plos One belum lama ini.

Peneliti di Jepang menganalisis 27 studi yang meneliti metode non-obat guna meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa muda dan setengah baya. Peneliti membandingkan subjek berdasarkan latihan, pola makan, dan praktik kebersihan tidur.

Baca Juga: Jalan Kaki Jadi Olahraga Favorit, Efektif Bantu Kurangi Stres

Hasilnya, bagi orang dewasa di bawah usia 65 tahun, latihan beban merupakan cara non-obat terbaik untuk meningkatkan kualitas tidur.

Ilustrasi tidur (Pexels/Vlada Karpovich)
Ilustrasi tidur (Pexels/Vlada Karpovich)

Dilansir dari Very Well Health via Suara.com, hal tersebut memperkuat pengetahuan yang telah ada mengenai peran olahraga dalam membantu seseorang mendapatkan tidur nyenyak.

Soal meningkatkan kualitas tidur, laporan terkait juga menyebutkan bahwa latihan ketahanan atau latihan beban lebih efektif daripada kardio seperti berlari atau bersepeda.

Baca Juga: Banyak Orang Abaikan Pendinginan setelah Olahraga, Ini Akibatnya

"Kini kami mulai memahami bahwa latihan ketahanan punya manfaat yang bahkan lebih kuat daripada latihan aerobik," ucap Scott Collier, PhD , profesor ilmu latihan kardiovaskular di Departemen Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Latihan Appalachian State University.

Dia menambahkan, "Ini adalah salah satu manfaatnya: Anda cenderung tidur lebih nyenyak dengan latihan ketahanan."

Collier lalu memaparkan bahwa seseorang tidak wajib olahraga di pusat kebugaran. Latihan beban juga dapat dilakukan sendiri di rumah.

Baca Juga: Erina Gudono Rutin Olahraga Jalan Kaki, Ini Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Gunakan dumbel untuk gerakan sederhana seperti bicep curl atau chest press, barbel untuk deadlift atau back squat, resistance band untuk lateral shoulder raise atau leg extension. Seseorang bahkan bisa hanya mengandalkan berat badan sendiri untuk gerakan seperti chin-up atau push-up.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI