Relationship

Biar Cinta Tetap Membara, Pejuang LDR Harus Perhatikan 4 Hal Ini

Hubungan jarak jauh bukan berarti tidak bisa romantis.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi pasangan kekasih. (Pixabay)
Ilustrasi pasangan kekasih. (Pixabay)

Dewiku.com - Hubungan jarak jauh dianggap sebagai tipe hubungan rumit sehingga banyak orang yang takut menjalani. Namun, kenyataannya jumlah pejuang LDR tidaklah sedikit. Mereka bahkan berusaha sekuat tenaga untuk berdamai dengan jauhnya jarak yang memisahkan. 

Meskipun begitu, hubungan jarak jauh akan tetap indah pada waktunya jika dijalani dengan penuh cinta. Namun, bagaimana caranya menjaga cinta tetap membara meski selalu berjauhan? Dilansir dari Boldsky, berikut jawabannya.

Bebaskan diri dari cemburu

Berusahalah untuk menjauh dari situasi yang membuatmu atau pasanganmu cemburu. Jika kamu cemburu, diskusikan dan ungkapkan kepada pasangan secara baik-baik.

Jangan menyembunyikan rasa cemburu. Hal itu akan membuat kondisi lebih buruk dan dalam jangka panjang bahkan bisa menjadi agresi pasif.

Sedikit cemburu itu baik karena memicu ketertarikan dalam hubungan. Kamu hanya perlu mengendalikannya agar tidak berlebihan. Kecemburuan yang tidak dikendalikan bisa menyebabkan perasaan insecure yang mengancam kelangsungan hubungan kalian.

Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash)
Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash)

Jangan selalu adu argumen dengan pasangan

Perkelahian dan argumen sering dianggap normal, tetapi tidak dalam hubungan jarak jauh. Jika terlalu sering terjadi, hubungan bisa berakhir kandas.

Jika menghadapi masalah, selesaikan dengan kepala dingin. Wajar kalau ada perkelahian dan adu argumen, tapi jangan sampai berlarut-larut. 

Selesaikan bersama, jangan malah saling mengabaikan sehingga masalah menjadi lebih besar dan parah.

Sama-sama sibuk hingga tak punya waktu dengan pasangan

Pada akhirnya, akan tiba waktu di mana kamu berusaha mengatur waktu untuk tetap terhubungan dengan pasangan tapi itu diabaikan atau sebaliknya. Sebelum itu terjadi, coba buatlah kesepakatan bersama sejak awal.

Atur kapan kamu dan pasangan bisa saling menyisakan waktu untuk berbicara, baik melalui telepon, panggilan video, atau bahkan soal mengirim chat. Bagaimanapun, usahakan untuk berkomunikasi setiap hari walaupun hanya sebentar.

Jika memang tidak bisa berkomunikasi setiap hari, coba atur secara mingguan. Sesibuk apapun kalian, pasti ada sedikit waktu luang untuk saling mengungkapkan rasa rindu kan?

Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash)
Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash)

Jangan bersikap posesif kelewat batas

Sayang boleh, tapi bukan berarti harus terlalu posesif. Jika kamu terlalu mengekang dan melarang dia untuk melakukan ini-itu karena khawatir dia meninggalkanmu, bisa jadi dia justru jengah dan meminta putus.

Jika ada sesuatu yang membuatmu merasa cemas, ungkapkan saja. Lagi-lagi, kuncinya adalah komunikasi. Bicarakan semuanya secara baik-baik dengan pasangan.

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu para pejuang LDR di seluruh penjuru negeri. Semangat!

 

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul Ini Sikap yang Harus Dihindari Saat LDR, Biar Cinta Tetap Meluap

Berita Terkait

Berita Terkini