Relationship

Kamu Mati Rasa? Ini Cara Ampuh untuk Kembali Belajar Mencintai

Jangan biarkan mati rasa terlalu lama bersarang di hatimu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi pasangan kekasih. (Pixabay)
Ilustrasi pasangan kekasih. (Pixabay)

Dewiku.com - Mungkin sekarang kamu sedang merasa nggak yakin akan jatuh cinta lagi karena terbayang-bayang luka di masa lalu. Itu bisa jadi tanda kalau kamu sedang mengalami mati rasa. Eits, jangan dibiarkan terlalu lama ya, nggak baik lho! Ada cara ampuh untuk belajar mencintai lagi kok.

Mungkin selama ini kamu merasa ragu untuk merasakan jatuh cinta lagi. Hal yang harus kamu ingat biar nggak mati rasa terlalu lama adalah suatu saat kamu akan jatuh cinta lagi, kok.

Jangan putus asa dulu, ya. Semua butuh proses, termasuk cinta. Nggak mungkin kan bisa cinta hanya dalam waktu semalam saja?

Di bawah ini ada beberapa cara yang mungkin bisa bikin kamu belajar mencintai orang lagi. Keep scrolling, ya!

1. 'Berdonasi'

Ketika kamu mencoba memulai kembali hubungan dengan orang baru atau baru mulai pendekatan, hal pertama yang harus mereka tahu adalah luka di masa lalu kamu belum sembuh. Dengan cara tersebut, kamu akan tahu apakah dia bisa menerima dan berjuang dengan dirimu untuk menyembuhkan luka lama.

Selain itu, kamu juga harus bisa berkomitmen untuk 'berdonasi' terhadap orang tersebut. Ketika kamu melihat seberapa banyak dia berdonasi waktu, emosi, dan pikirannya buat kamu, di situlah kamu akan tahu seberapa besar dia orang yang tepat atau bukan.

Sebaliknya, kamu juga harus sadar berapa banyak kamu berdonasi waktu, tenaga, pikiran kamu ke dia. Dari situ kamu bisa tahu seberapa yakinnya dirimu sama dia.

2. Imajinasi

Ilustrasi pasangan. (Pexels)
Ilustrasi pasangan. (Pexels)

Ketika kamu sedang belajar mencintai kembali, kamu harus bisa berimajinasi tentang orang yang kamu coba cintai. Ketika dia sedang menyebalkan atau berbuat yang bikin kamu kecewa, coba bayangkan sesuatu di balik sikapnya tersebut. Bisa jadi, dia sedang mengalami hari yang buruk atau lainnya.

3. Kebaikan

Kebaikan bisa menjadi wujud kalau kamu mampu memanusiakan orang lain, terlebih lagi orang-orang di dekat, salah satunya pasangan. Namun, ini bukan berarti kamu nggak boleh marah ketika kecewa sama seseorang, ya.

Kebaikan di sini berarti kamu tetap memperlakukan orang lain dengan baik walaupun orang tersebut mengecewakan kita.

Ketika kamu memahami tentang sikap kebaikan ini, kamu juga akan belajar memahami kalau batas dari hak kita adalah hak orang lain juga.

Sebagai contoh, ketika sedang bertengkar dengan pasangan, ungkapkan jika kamu ingin sendiri dulu dan nggak mau diganggu. Jangan justru menghilang dan diam saja.

4. Memaafkan

Ilustrasi pasangan kekasih / pexels.com
Ilustrasi pasangan kekasih. (Pexels)

Ini adalah salah satu kunci buat menjawab seberapa cinta atau sayang kita ke seseorang. Ketika dia berbuat salah atau hal yang sangat mengecewakan, kamu akan memaafkannya.

Tentu saja sifat pemaaf ini harus diikuti dengan komitmennya pasangan kamu yang berusaha nggak mengulang kesalahan sama.

Begitu pun sebaliknya, kalau kamu berbuat salah atau mengecewakannya, dia mestinya bisa memaafkan kamu. Itu tandanya dia benar-benar sayang sama kamu.

5. Sabar

Last but not least, cara ampuh untuk belajar mencintai lagi adalah sabar. Pasti kamu mempunyai ekspektasi dan kecenderungan dia berubah menjadi sosok yang kamu inginkan. Nah, kesabaranmu lah yang menjadi kunci rasa sayang terhadap perubahan tersebut

Kalau kamu benar-benar sayang, sabarlah. Dia akan berubah menjadi versi terbaik dari dirinya. Kebersamaan berproses itulah yang berperan membentuk pribadi yang lebih baik untuk kedua belah pihak.

Berita Terkait

Berita Terkini