5 Situasi untuk Tidak Mengatakan Cinta

Memperhatikan situasi dan kondisi itu penting.

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 14 November 2018 icon 17:30 WIB
5 Situasi untuk Tidak Mengatakan Cinta

Love. (Unsplash)

Bagi banyak orang, mengatakan cinta bukanlah perkara sulit. Namun untuk banyak orang, mungkin hal itu lebih sulit dari yang diduga, terlebih jika kata ''I love you'' harus keluar untuk pertama kalinya.

Kata itu harus ditujukan pada orang dan waktu yang tepat. Agar tidak merusak hubungan yang sudah terjalin, dilansir dari Her Way, berikut 5 situasi untuk sebaiknya tidak mengatakan cinta.

1. Ketika hubungan terlalu awal

Baca Juga: Harus Sabar, 3 Zodiak Ini Butuh Waktu untuk Bilang Cinta

Mengatakan ''I love you'' pada kencan pertama atau dalam beberapa bulan pertama bukanlah ide yang bagus. Sebab pada periode itu, rasa cinta masih abu-abu.

Anda dapat dengan mudah jatuh cinta, tetapi sebenarnya mencintai seseorang membutuhkan waktu. Tidak hanya tampilan fisik, tapi juga menerima segala kekurangan dan kebaikannya.

Jadi hati-hati, tunggu waktu yang tepat kalau tidak mau merusak kedekatan yang sudah dibina.

Baca Juga: Zodiak Ini Paling Susah Katakan Cinta pada Pasangannya

Love. (Unsplash)
Love. (Unsplash)

2. Saat sedang rapuh

Perasaan sedih, kecewa, dan kesepian dapat dengan mudah membuatmu mengucapkan tiga kata kecil itu tanpa benar-benar berarti.

Juga, kamu mungkin berpikir sudah mencintai seseorang karena rasa rindu untuk bersama seseorang dan kamu merindukan perasaan memiliki seseorang. Mengatakan ''I love you'' hanya akan membuat semuanya menjadi lebih buruk.

3. Ketika baru saja putus dari hubungan jangka panjang

Ketika kamu baru saja menyelesaikan hubungan jangka panjang, pikiranmu penuh dengan beban emosional dan perasaan yang belum terselesaikan dari masa lalu. Mungkin butuh waktu lama sebelum berhubungan dengan perasaanmu yang sebenarnya.

Kamu harus memperlambat diri dan berhenti sejenak untuk merapikan emosi sampai yakin tentang perasaanmu pada yang baru. Santai saja, tidak perlu terburu-buru.

Love. (Unsplash)
Love. (Unsplash)

4. Sedang ada masalah

Roda kehidupan tidak selalu di atas. Jika pasanganmu sedang mengalami beberapa hal seperti masalah keluarga, masalah pekerjaan, atau kematian seseorang yang dekat dengannya, pastinya kamu harus menunda dulu mengatakan cinta.

Hal yang ia butuhkan adalah kehadiranmu di sampingnya dan dukungan untuk melewati masa-masa sulit itu.

5. Ketika kamu merasa terbebani

Mungkin dia mengatakan cinta lebih dulu, dan sekarang kamu terbebani untuk mengatakan hal serupa. Padahal kamu belum memiliki rasa yang sama dan masih mencari tahu.

Mengatakan perasaan cinta seharusnya tidak terasa seperti kewajiban, itu harus naluriah dan murni. Katakan ketika kamu merasa sudah waktunya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI