Kaum Introvert, Ini 4 Alasan Kamu Harus Tetap Jadi Diri Sendiri

Sebab tidak perlu menjadi orang lain untuk dicintai.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 30 November 2018 icon 09:30 WIB
Kaum Introvert, Ini 4 Alasan Kamu Harus Tetap Jadi Diri Sendiri

Ilustrasi introvert. (Unsplash/Tanner Boriack)

Terkadang saat berada di lingkungan baru, kita terjebak situasi di mana sangat sulit untuk berbaur. Kesulitan itu tak jarang berlipat ganda jika kita termasuk dalam kaum introvert.

Berbagai upaya pun dilakukan agar bisa masuk dalam lingkungan dan teman-teman baru. Sayangnya, saking sibuk menyesuaikan diri, kita jadi terhanyut untuk menjadi orang lain.

Dilansir dari Your Tango, berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus tetap setia jadi diri sendiri, bahkan jika itu membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Biar Betah Kerja Kantoran, Intorvert Harus Lakukan 4 Hal Ini

1. Berbeda itu baik

Jika kamu sama dengan orang lain, itu akan membosankan. Kamu jadi tidak punya ruang untuk mengembangkan diri dan mendapat perspektif-perspektif baru.

Beda cerita jika kamu memilih untuk tetap setia pada diri sendiri dan menerima bahwa kamu berbeda. Kamu jadi bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Dengan demikian, bukan tidak mungkin kamu memiliki kekuatan untuk melakukan perubahan.

Baca Juga: Dapat Label Super Supel, Ini Sifat Rahasia Orang Ekstrovert

Ilustrasi introvert. (Unsplash/Mvp)
Ilustrasi introvert. (Unsplash/Mvp)

2. Orang yang tepat akan menerimamu

Mengubah diri untuk mendapatkan validasi dari orang lain hanya akan menghasilkan dampak buruk. Kamu akan berakhir dikelilingi oleh orang-orang yang tidak benar-benar peduli denganmu dan hanya akan menghabiskan waktu bersama untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Padahal kamu layak mendapatkan yang lebih baik.

Orang-orang yang benar-benar temanmu tidak akan pernah memintamu untuk menjadi orang lain. Mereka menyayangimu bagaimanapun keadaanmu.

3. Kamu tidak akan benar-benar bahagia

Kesengsaraan akan kamu rasakan setelah menghabiskan begitu banyak waktu untuk mencoba menjadi sosok lain.

Kamu akan menyadari bahwa sekeras apapun kamu menyesuaikan diri, orang-orang akan selalu punya masalah dan merasa tidak nyaman. Kamu bakal memiliki perasaan selalu tidak cukup baik bagi mereka.

Ingatlah bahwa kebahagiaan itu berasal dari dalam. Lakukan apa yang kamu suka dan berkumpul dengan orang yang kamu sayangi.

Ilustrasi introvert. (Pinterest)
Ilustrasi introvert. (Pinterest)

4. Mereka yang tidak merasa nyaman tidak ada hubungannya denganmu

Terkadang orang yang mencari masalah dan tidak nyaman akan kehadiranmu karena mereka tidak yakin tentang diri mereka sendiri. Mereka cenderung egois dan hanya peduli bagaimana diperlakukan dengan baik.

Baca Juga: Apa Warna Favoritmu? Ini Karakter yang Terbaca dari Abu-Abu

Itulah 4 alasan kenapa kamu harus tetap menjadi diri sendiri dan berhenti menjadi sosok sempurna yang diinginkan lingkunganmu. Karena sosok sempurna itu tidak ada.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI