Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini kepada Orang Berduka

Sebab hati mereka masih sangat sensitif.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 25 Desember 2018 icon 22:00 WIB
Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini kepada Orang Berduka

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Kevin Laminto)

Ditinggal oleh orang tersayang tentu menjadi fase tersulit dalam hidup. Apalagi jika ditinggal secara mendadak tanpa tanda apapun. Tidak ada yang mudah bagi ketika tiba-tiba jadi orang berduka.

Mereka yang sedang diselimuti kesedihan butuh banyak dorongan, semangat, dan motivasi untuk mengurangi kesedihannya. Hanya saja dilansir dari Health, sebaiknya hindari beberapa kalimat ini. Jangan ucapkan kalimat itu kepada orang yang sedang berduka.

1. ''Dia sudah berada di tempat yang lebih baik''

Baca Juga: Belajar Empati, Ungkapkan Rasa Duka Cita dengan Cara Ini

Menurut psikolog yang berbasis di Chicago, Amerika serikat, Elizabeth Lombardo, sebaiknya jangan katakan itu pada orang yang ditinggalkan lebih dulu. Biarkan kalimat itu keluar sendiri darinya.

Sebab beberapa dari mereka bisa jadi tidak siap untuk menerima hal itu. Apa yang mereka inginkan mungkin hanyalah orang yang mereka kasihi berada di samping mereka sekarang, bukan di 'tempat yang lebih baik'.

Menghibur sahabat yang berduka. (Unsplash/Court Prather)
Menghibur sahabat yang berduka. (Unsplash/Court Prather)

2. ''Lama-lama kamu akan terbiasa''

Baca Juga: Pasangan Sedang Bersedih? Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Ucapan ini memang dimaksudkan untuk menyemangati, tapi untuk saat ini, pikiran mereka mungkin masih akan dipenuhi oleh kepergian orang terkasih. Pada saat seperti ini, kondisi emosi masih mentah. Seseorang yang berduka mungkin malah jadi cukup sakit mendengarnya.

3. ''Saya mengerti apa yang kamu rasakan''

Meski kamu pernah mengalami hal serupa, jangan lantas merasa benar-benar mengetahui persis apa yang ia rasakan. Setiap orang punya cara berduka yang berbeda-beda.

Respon kamu dan ia lakukan saat ditinggal orang terkasih mungkin tidak sama. Penting juga untuk tidak membandingkan kesedihan yang pernah kamu alami sebelumnya.

Ilustrasi pasangan sedang bersedih. (Unsplash/Niki Sanders)
Ilustrasi pasangan sedang bersedih. (Unsplash/Niki Sanders)

4. "Apa yang bisa kubantu?"

Menawarkan bantuan pada seseorang yang berduka mungkin bisa melegakan mereka, tapi kemungkinan besar mereka hanya akan menggelengkan kepala tanda sebagai tidak membutuhkan apapun.

Daripada harus bertanya dan mendapat jawaban yang tidak pasti, lebih baik lakukan apapun yang kamu bisa. Entah itu menemaninya sepanjang hari atau membantu di hari pemakaman.

Itulah beberapa kalimat yang sebaiknya tidak kamu ucapkan kepada orang berduka. Mari belajar tidak hanya mengungkapkan simpati, tetapi juga berempati.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI