Tips Pilih Teman Curhat, Wajib Bisa Dipercaya

Cari teman curhat memang gampang-gampang susah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 13 Februari 2019 icon 10:00 WIB
Tips Pilih Teman Curhat, Wajib Bisa Dipercaya

Sahabat sebagai teman curhat. (Unsplash/Court Prather)

Manusia adalah makhluk sosial sehingga jelas saling membutuhkan satu sama lain. Itu sebabnya kita selalu butuh teman atau orang yang bisa dipercaya untuk meluapkan keluh kesah dan suka cita yang dialami. Namun, bagaimana caranya memilih teman curhat yang tepat?

Sayangnya, tak semua orang bisa dijadikan teman curhat. Ada beberapa teman dekat tapi bukan tempat paling oke buat curhat.

''Cari temen itu seperti trial error, kadang bisa jatuh, kadang bisa dapat teman yang benar-benar baik dan setia,'' kata psikolog Monica Sulistiawati, saat temu media yang dihelat Mothercare, Selasa (12/2/2019) kemarin, seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Kocak, Wanita Ini Ajak Teman Pria Jadi Bridesmaid

Nah, Monica memiliki beberapa tips yang bisa dicoba untuk menguji apakah teman dekat adalah orang yang tepat untuk diajak curhat. Menurut dia, kesetiaan seorang teman akan diuji saat kita berada dalam kondisi sulit.

Ilustrasi dua perempuan bersahabat. (Unsplash/Roberto Nickson (@g))
Jangan asal memilih teman curhat. (Unsplash/Roberto Nickson (@g))

 

''Kalau rasanya dia menerima seperti sudah ogah-ogahan dan sudah tidak senang atau tidak puas, barangkali dia belum menjadi teman tepat di saat itu. Kita bisa kroscek dalam artian mungkin ada teman lainnya yang bisa membantu kita,'' ujar Monica menerangkan.

Baca Juga: Lebih Suka Sendiri, Ini 4 Zodiak Paling Introvert

Itulah sebabnya, kata Monica, memiliki teman memang harus sebanyak-banyaknya. Soal seberapa banyak cerita yang bisa dibagikan, Monica menyarankan untuk mendengar kata hati, khusunya terkait sejauh apa kita mempercayai si teman curhat.

''Teman dengan gender yang sama, mungkin kita bisa lebih terbuka. Kalau perempuan punya teman lelaki, harus ada batasan. Jangan membuka celah untuk hal yang lain karena kita sudah punya pasangan,'' ucap dia. (Suara.com/Firsta Nodia)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI