Istri Sering Mengungkit Masalah Lama? Begini Cara Mengatasinya

Masalah lama yang bisa jadi juga cuma itu-itu saja.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 15 Mei 2019 icon 14:15 WIB
Istri Sering Mengungkit Masalah Lama? Begini Cara Mengatasinya

Berpelukan setelah bertengkar punya efek menenangkan. (Unsplash/João Silas)

Setiap rumah tangga pasti memiliki permasalahan masing-masing. Tak jarang pula wanita kerap mengungkit kembali kesalahan suami atau masalah lama saat ada sedikit persoalan yang membuatnya kesal.

Kebiasaan mengungkit masalah lama sering kali justru memperpanjang perdebatan dan permasalahan rumah tangga. Apalagi jika suami sulit mengendalikan emosinya maupun amarah istri.

Doktor psikologi, Dr. Dedy Susanto, membagikan alasan wanita kerap mengungkit masalah yang sudah lewat dan cara menghadapi karakter tersebut melalui chanel YouTube pribadinya.

Baca Juga: Seorang Pria Ditembak Istrinya karena Perdebatan Kecil, Soal Apa?

Ia menegaskan, sudah garisnya wanita memiliki karakter suka mengingat dan mengungkit kesalahan suami. Hal itu karena wanita memang punya karakter pengingat, berbeda dengan lelaki yang mudah lupa.

''Wanita pada hakikatnya adalah ahli sejarah. Wanita itu otaknya lebih pengingat daripada laki-laki,'' ujar Dr. Dedy Susanto, dilansir dari channel YouTube Kuliah Psikologi.

Psikolog bagikan terapi khusus untuk suami mengatasi sikap istri yang suka mengungkit kesalahan masa lalu (Instagram/@dedysusantopj)
Psikolog bagikan terapi khusus untuk suami mengatasi sikap istri yang suka mengungkit kesalahan masa lalu (Instagram/@dedysusantopj)

Meski begitu, bukan salah wanita jika suka mengingat permasalahan masa lalu. Suami hanya perlu melakukan suatu tindakan khusus agar istri tidak mengungkit kesalahan masa lalu terus-menerus.

Baca Juga: Hasil Survei: Ibu Rumah Tangga Pantas Digaji Ratusan Juta Setiap Bulan

Suami perlu mengambil sikap agar membuat istri malu dan sungkan jika ingin mengungkit masalahnya lagi. Satu-satunya cara adalah dengan membuat istri merasa sangat dicintai dan diinginkan oleh suami.

Dedy Susanto bilang, tak ada salahnya berperilaku romantis, karena ini merupakan pengobatan satu-satunya agar hubungan harmonis.

''Caranya ada di suami. Rumusnya begini. Wanita kalau merasa cukup disayang, diperhatikan, dia akan sungkan sama suaminya, dia akan malu kalau mau ungkit-ungkit masa lalu. Wanita kalau cukup disayang, galaknya berkurang. Orang kalau disayang, akan tunduk dan sungkan,'' kata dia.

Menurut Dedy Susanto, perhatian kecil dari suami seperti menemani ke salon atau membawakan oleh-oleh saat pulang sudah cukup membuat seorang wanita merasa berbunga-bunga.

Pasangan suami istri bertengkar. (Pixabay/Sasin Tipchai)
Pasangan suami istri bertengkar. (Pixabay/Sasin Tipchai)

''Jadi nggak ada cara lain agar istrimu tidak ungkit-ungkit kesalahanmu. Kamu harus kasih perhatian ekstra, kasih sayang ekstra,'' paparnya.

Dedy Susanto menekankan agar suami melakukan suatu tindakan yang tidak biasa dilakukan sehari-hari jika ingin istri tidak mengungkit kembali kesalahan suami di masa lalu.

''Contohnya lagi makan di luar sama mitra, bungkus satu bawa pulang ke rumah buat istri. Bilang kalau kamu habis makan itu dan rasanya enak makanya ingin dia juga mencobanya. Itu surprise yang membuatnya merasa disayang dan diinginkan,'' terang dia.

Baca Juga: Ini Lho, Selisih Umur Paling Ideal Bagi Pasangan Rumah Tangga

''Wanita kalau merasa diinginkan nggak akan mengungkit-ungkit. Tetapi, bukan berarti lupa. Masalah itu masih ada di alam bawah sadarnya, tapi mau ngomong tuh akan malu dan berat,'' ujar dia. (Himedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI