Hasil Riset: Wanita Sering Bahas Masa Lalu saat Bertengkar dengan Pasangan

Ini alasannya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 14 September 2019 icon 15:00 WIB
Hasil Riset: Wanita Sering Bahas Masa Lalu saat Bertengkar dengan Pasangan

Ilustrasi pasangan. (Unsplash/Henri Pham)

Dalam hubungan asmara, pertengkaran memang bisa menjadi bumbu tersendiri. Namun, mengapa wanita punya kecenderungan sering mengungkit masa lalu saat bertengkar dengan pasangan?

Pada umumnya, wanita melakukan hal itu karena ingin menang atau mencari pembenaran. Namun tak hanya itu. Rupanya ada alasan lain di baliknya.

Dilansir dari Buzzfeed, berdasarkan penelitian, wanita memang lebih mudah untuk mengingat secara spesifik dibanding pria.

Baca Juga: Jangan Marah Melulu, Ini Cara Mengendalikan Emosi terhadap Pasangan

Banyak pria merasa putus asa saat pasangannya sudah mengungkit perkataan di masa lalu atau janji-janji yang belum diwujudkan. Hal itu tidak mengherankan karena wanita terbukti lebih ahli mengingat detail percakapan.

Berdasarkan survei yang dipimpin Martin Asperholm, wanita juga lebih ahli dalam menemukan barang hilang karena memiliki memori episodik lebih baik.

Ilustrasi pasangan bertengkar [shutterstock]
Ilustrasi pasangan bertengkar [shutterstock]

Memori episodik merupakan kemampuan untuk mengingat hal-hal bersifat autibiografis, misalnya apa yang terjadi minggu lalu atau apakah pintu sudah dikunci tadi pagi.

Baca Juga: Kisah Tobat Pasangan Ini Viral, Kenal di Diskotek tapi Sekarang Rajin Ngaji

Riset pun mengindikasi bahwa wanita lebih baik dalam mengingat wajah dan memanggil memori sensor, seperti bau. Memori ini adalah salah satu sistem ingatan paling sensitif yang bisa terganggu karena kurang tidur, depresi, atau penuaan.

"Hasil menunjukkan bahwa ada keuntungan wanita dalam memori episodik dan keuntungan dapat bisa beragam tergantung material mana yang bisa diingat," kata Martin yang melakukan penelitian dengan Karolinska Institutet Swedia.

Ilustrasi pasangan yang menjalin asmara. [Shutterstock/Nina Buday]
Ilustrasi pasangan yang menjalin asmara. [Shutterstock/Nina Buday]

Penelitian pun didasarkan pada 617 studi sebelumnya yang melibatkan lebih dari 1,2 juta partisipan. Para peneliti mengungkap bahwa memori datang dengan banyak bentuk.

Kemudian, ada kalanya pria yang lebih diuntungkan dari pada wanita. Misalnya, pria biasanya lebih baik dalam mengingat informasi melibatkan proses spasial, yaitu hal yang terkait ruang atau tempat.

Ilustrasi pasangan konflik, berdebat atau bertengkar. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan konflik, berdebat atau bertengkar. (Shutterstock)

Berdasarkan penelitian ini, terungkap mengapa wanita kerap mengungkit masalah lalu, percakapan lama, hingga lebih ingat tempat ditaruhnya barang.

Baca Juga: Hobi Mengecewakan, 4 Zodiak Ini Sulit Berkomitmen

Mengetahui fakta itu, pria mungkin dapat lebih berhati-hati dalam bersikap, meletakkan benda, atau mengumbar janji jika tak ingin sering dimarahi oleh para wanita.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI