Relationship

Jangan Berharap Lagi, Begini Cara Mendeteksi Cinta Bertepuk Sebelah Tangan!

Cinta bertepuk sebelah tangan itu sungguh melelahkan.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash/Felix jr Serrano)
Ilustrasi pasangan kekasih. (Unsplash/Felix jr Serrano)

Dewiku.com - Terkadang, dibutuhkan waktu yang lama untuk menyadari bahwa sebenarnya telah mengalami cinta bertepuk sebelah tangan. Hal itu karena pada dasarnya tak ada orang yang berharap cintanya tak terbalas.

Saat jatuh cinta, setiap tindakan dan tanggapan dari orang tersayang seolah cuma mau dianggap sebagai tanda positif. Namun, banyak yang akhirnya berujung sakit hati saat menyadari bahwa sebenarnya orang itu tidak memiliki perasaan yang sama.

Bagi Anda yang sedang bingung dengan perasaannya, sebelum terlambat dan semakin menyakitkan, berikut sejumlah cara mengetahui cinta bertepuk sebelah tangan, dikutip dari Hellosehat.

1. Komunikasi

Dalam hubungan asrama, tentu saja komunikasi adalah kunci. Jika selama ini cuma Anda yang melakukan komunikasi dan menanyakan bagaimana hari-harinya, bisa jadi ini suatu tanda. 

Komunikasi menjadi landasan penting dalam membina hubungan, terutama saat menghadapi konflik. Di lain sisi, komunikasi yang tak terjalin dengan baik bisa memicu kemarahan, rasa kebingungan, sakit hati, dan lainnya.

Pasangan suami istri bertengkar. (Pixabay/Sasin Tipchai)
Pasangan suami istri bertengkar. (Pixabay/Sasin Tipchai)

2. Sentuhan fisik

Sentuhan fisik merupakan salah satu bentuk bahasa cinta. Seberapa sering Anda bergandengan tangan, berciuman, atau memeluk satu sama lain?

Anda dan pasangan bisa merasakan kebahagiaan dan mengeratkan hubungan satu sama lain lewat sentuhan fisik.

Jadi, perlu dipertanyakan bila cuma Anda yang berusaha menggandeng tangannya atau memberikan tepukan pada pundak atau tangannya saat dia mungkin mengalami hari yang sulit, sementara dia tidak melakukan hal yang sama.

3. Tidak melihat pasangan secara realistis

Tentu saja tak ada yang sempurna di dunia ini. Anda berdua sama-sama mempunayai kekurangan dan kelebihan. Namun, cara pandangnya mengenai diri Anda bisa dipakai untuk mendeteksi apakah hubungan itu mengarah pada cinta bertepuk sebelah tangan atau tidak.

Hubungan asmara yang sehat mestinya mengakui dan menerima kekurangan, kelemahan, serta ketidaksempurnaan satu sama lain. Menjaga rasa saling pengertian melalui kekurangan masing-masing merupakan kunci kedekatan emosional dan bisa menjadi investasi sebuah hubungan ke depannya.

Ilustrasi putus cinta. [Shutterstock]
Ilustrasi putus cinta. [Shutterstock]

Bila selama ini dia tidak mau mengerti atau menerima Anda apa adanya, itu mungkin menjadi tanda ia tak mau membalas cinta yang sudah Anda berikan.

4. Tidak lagi akrab

Dulu Anda berdua selalu tertawa bersama dan berbagi cerita. Anda tahu banyak hal tentang pasangan, mulai dari hal kecil, hobi, kesukaan, ataupun kebiasaannya. Nah, cara mengetahui cinta Anda bertepuk sebelah tangan atau tidak adalah melalui keakraban hubungan yang telah terjalin.

Cinta tak lagi berbalas apabila pada akhirnya cuma Anda yang mengetahui dirinya dalam beragam sisi, sedangkan dia tidak. Memudarnya keakraban dengan pasangan mungkin menjadi tanda bahwa ia tak lagi membalas cinta Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini