Relationship

Jangan Sampai Berantem, Terapkan Tips Liburan Bareng Pacar Berikut Ini

Liburan bareng pacar semestinya seru dan romantis, kan?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Mengabadikan momen matahari terbenam saat liburan. (Unsplash/Oziel Gómez)
Mengabadikan momen matahari terbenam saat liburan. (Unsplash/Oziel Gómez)

Dewiku.com - Perbedaan pendapat dan berantem tentu hal yang sangat wajar dalam sebuah hubungan asmara. Namun, Anda tentu tak berharap terjadi pertengkaran saat liburan bareng pacar, kan?

Nah, biar liburan tahun baru nanti tidak berantakan karena kalian bertengkar, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan, seperti dilansir dari Hello Sehat.

1. Lebih rileks saat merencanakan liburan

Beberapa orang mungkin merasa tegang dan stres sebelum waktu liburan tiba. Hal itu misalnya karena ada banyak pekerjaan yang belum rampung atau merasa mesti menyiapkan banyak hal untuk liburan.

Akibatnya saat mendekati hari keberangkatan, Anda berdua mungkin bakal terusik dengan hal-hal kecil sehingga memicu bertengkar, misalnya karena dia tidak mengemas pakaiannya dengan baik.

Maka dari itu, cobalah untuk lebih santai ketika merencanakan liburan. Mintalah bantuan pasangan saat Anda merasa kesusahan. Komunikasikan apapun yang terasa mengganjal hati Anda.

Ilustrasi liburan. (Unsplash/Jenn Evelyn)
Ilustrasi liburan. (Unsplash/Jenn Evelyn)

2. Menetapkan anggaran liburan

Menurut American Psychological Association, hampir sepertiga orang dewasa melaporkan bahwa uang adalah salah satu penyebab utama terjadinya konflik dalam sebuah hubungan. 

Begitu pula saat liburan bareng pacar, mungkin bakal ada pengeluaran yang sangat mengejutkan. Jika diabaikan karena menganggapnya sebagai perkara sensitif, itu juga bisa jadi masalah.

Jadi, lebih baik tetapkan anggaran pengeluaran Anda berdua, misalnya berapa banyak uang yang mesti dikeluarkan untuk akomodasi hingga belanja oleh-oleh kantor.

Jika saat perencanaan Anda menyadari angkanya terlalu besar sehingga mengganggu tabungan Anda berdua, cobalah untuk lebih berhemat lagi.

3. Membuat rencana perjalanan selama liburan

Rencana perjalanan selama liburan adalah elemen yang lumayan penting untuk mencegah kegiatan yang mungkin tidak disukai oleh salah satu dari Anda.

Ilustrasi liburan ke Paris bareng selingkuhan. (Unsplash/AC Almelor)
Ilustrasi liburan ke Paris bareng pacar. (Unsplash/AC Almelor)

Pasangan mungkin suka kegiatan yang memicu adrenalin, seperti bungee jumping. Namun, ternyata Anda lebih menyukai melihat pemandangan sambil jalan-jalan santai.

Perbedaan itu bisa memicu pertengkapan, apalagi jika ada pihak yang sampai memaksakan kehendaknya. Jadi lebih baik pilih kegiatan yang sama-sama bisa Anda berdua nikmati.

4. Saling mengingatkan

Kunci utama dari menghindari pertengkaran selama liburan bareng pacar adalah jujur, komunikasi, dan juga kompromi. 

Anda berdua ingin menghabiskan waktu bersama dan menciptakan kenangan indah, kan? Jadi, ketika ada sesuatu yang mungkin membuat emosi Anda dan pasangan memuncak, sebaiknya saling mengingatkan diri sendiri untuk tidak lekas marah. 

Bicarakan baik-baik setiap masalah yang ada. Dapatkan jalan keluarnya berdua.

Berita Terkait

Berita Terkini