Butuh Dimengerti, 7 Tanda Pacar Insecure pada Hubungan Asmara

Berikut beberapa tanpa pacar merasa insecure pada hubungan asmara yang sedang dijalani.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 06 September 2021 icon 15:00 WIB
Butuh Dimengerti, 7 Tanda Pacar Insecure pada Hubungan Asmara

Ilustrasi Pasangan (Pexels/Tan Danh)

Kamu dan pasanganmu jelas saling mencintai. Namun, mengapa pacar tercintamu itu tampak selalu ragu dan mempertanyakan hubungan asmara kalian berdua? Sepertinya, dia merasa sangat insecure pada hubungan ini.

Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan seseorang merasa insecure pada hubungan yang dijalaninya. Salah satunya pengalaman buruk di masa lalu.

Walau begitu, tidak jarang pula mereka sebenarnya tidak menyadari perasaan insecure ini. Ada baiknya, bantulah dia mengembalikan kepercayaan diri pasangan akan hubungan asmara.

Baca Juga: Jangan Diabaikan! 7 Tanda Bahaya dalam Hubungan Asmara

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tanda pacar insecure dalam hubungan asmara.

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Terlalu sering bertanya, "Kamu lagi ngapain?"

Saat berjauhan, wajar jika pasangan sesekali bertanya seperti itu. Namun jika terlalu sering diulang-ulang, tentu akan terasa mengganggu. Bisa jadi, ini pertanda pacarmu sedang merasa insecure karena kamu tidak ada di dekatnya.

Baca Juga: 5 Tanda Pacar Narsis, Hati-Hati karena Ternyata Mudah Menyakiti

Tak bisa bersosialisasi tanpa kamu
Awalnya kamu merasa tersanjung karena pacarmu cuma mau melakukan segalanya bersama kamu. Namun jika hal ini terjadi terus-menerus sepanjang hubungan, kamu harus yakin bahwa ia memang merasa tidak aman tanpa kamu di sampingnya.

Selalu mencari kepastian

Sang pacar kerap bertanya lagi dan lagi, apakah kamu mencintainya atau tidak, apakah hubungan ini serius atau tidak, dan memastikan masa depan kalian berdua. Bisa jadi, ia mencari kepastian karena pengalaman masa lalunya yang pahit, atau karena ia punya masa kecil yang kesepian.

Kerap membuatmu merasa bersalah
Dia adalah sosok pencemburu, kritis, dan terkadang membuat kamu sesak. Pasangan yang merasa tidak aman cenderung membuatmu merasa bersalah jika kamu tidak mengangkat telepon atau tidak sering mengirim pesan kepadanya. Kalau kamu memberi jeda beberapa jam, ia bakal mengajukan banyak pertanyaan.

Ilustrasi Pasangan Bermasalah (Pexels/RODNAE Productions)
Ilustrasi Pasangan Bermasalah (Pexels/RODNAE Productions)

Membicarakan mantan

Percakapan tentang mantan tak akan pernah bisa terkubur sama sekali. Suatu saat, akan ada masanya kamu dan dia membicarakan tentang mantan masing-masing. Walau begitu, cuma pasangan yang tidak percaya diri yang akan banyak berbicara tentang mantannya atau banyak bertanya tentang mantan pacarmu.

Terus memintamu bilang, "Aku cinta kamu"

Ini bisa jadi merupakan tanda pacar insecure berikutnya. Orang yang insecure menyukai kepastian secara verbal, dan salah satunya adalah meminta kamu bilang cinta berulang kali. Kalimat ini manis jika diucapkan sesekali, tapi bakal terasa menjengkelkan kalau kamu dipaksa mengatakannya beberapa kali dalam sehari.

Meminta maaf untuk hal-hal kecil

Baca Juga: 7 Tanda Hubungan Sehat, Mesranya Lebih Bermanfaat

Memang ada beberapa orang suka mengatakan maaf. Hanya saja jika maaf terlalu sering diucapkan, bahkan untuk hal-hal sepele, ini adalah tanda pasti dari perasaan tidak aman. Bisa jadi pacarmu punya masa lalu yang menimbulkan hal negatif. Ini adalah tanda dia khawatir hubungannya denganmu akan berakhir jika ia tidak meminta maaf. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI