Pentingnya Effort dalam Hubungan Asmara, Simak 8 Tips untuk Melakukannya

Kamu tidak perlu malu untuk menunjukkan effort dalam hubungan yang dijalani.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 25 November 2023 icon 10:26 WIB
Pentingnya Effort dalam Hubungan Asmara, Simak 8 Tips untuk Melakukannya

Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Katerina Holmes)

Effort dalam hubungan sangat penting dilakukan agar jalinan kasih lebih harmonis. Hal itu sebagai bukti keseriusan seseorang dalam menjalani hubungan asmara.

Pasangan tentu perlu melakukan berbagai upaya agar hubungan dapat bertahan lama, harmonis, dan tidak berubah menjadi toxic relationship.

Menujukkan effort dalam hubungan memang memerlukan waktu, usaha, tenaga, dan komitmen kuat. Memang tidak ada kesempurnaan, tetapi kamu dan pasangan bisa saling menyempurnakan satu sama lain.

Baca Juga: 8 Tanda Pasangan Red Flag, Bahaya untuk Kesehatan Mental

Usaha untuk menjaga hubungan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara untuk menunjukkan effort dalam hubungan: 

Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Jonathan Borba)
Ilustrasi pasangan romantis (Pexels/Jonathan Borba)

Jalin komunikasi dengan baik

Komunikasi memang sangat penting dalam hubungan sepasang kekasih. Hal ini penting untuk menghindari kesalahpahaman yang dapat menimbulkan perselisihan.

Baca Juga: Pengertian Platonic Relationship, Hubungan Tanpa Hasrat

Obrolan ringan bisa menjadi sangat menyenangkan. Coba mulai dengan bertanya tentang hal-hal kecil, bagaimana dia melalui harinya, atau bertukar cerita apa pun.

Mengakui kesalahan dan meminta maaf

Setiap orang bisa berbuat salah, termasuk kamu maupun pasangan. Di sinilah pentingnya meminta maaf, berani mengakui kesalahan, dan berusaha tidak mengulanginya.

Saling mendukung satu sama lain

Dukungan pasangan bisa menunjukkan seberapa besar keseriusan mereka dalam menjalani hubungan. Kamu bisa melakukannya lewat beberapa kebiasaan sederhana, seperti mengucapkan terima kasih saat bantuan sekecil apa pun yang diberikan pasangan.

Tidak ada salahnya juga memberikan ucapan manis di pagi hari untuk menyemangati pasangan. Pastikan dia memulai harinya dengan senyuman.

Memahami dan menjaga perasaan satu sama lain

Sebisa mungkin jangan mengatakan atau melakukan sesuatu yang sudah jelas bakal menyakiti perasaan pasangan. Jika ingin dimengerti, kamu juga perlu belajar memahami dirinya.

Saling percaya dan berkomitmen

Kepercayaan adalah kunci penting untuk membentuk ikatan yang kuat. Sikap saling percaya juga membuat pasangan merasa aman dalam hubungan yang dijalani.

Meluangkan waktu untuk bersama

Ini termasuk bentuk effort dalam hubungan yang tidak boleh diabaikan. Meski kamu dan pasangan sama-sama sibuk, coba cari jalan tengahnya. Temukan waktu yang tepat untuk bertemu dan menghabiskan waktu bersama.

Memberikan kejutan kecil

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menunjukkan effort dalam hubungan adalah kejutan kecil. Hal sederhana ini bisa berperan besar dalam menjaga hubungan harmonis.

Merencanakan masa depan bersama

Baca Juga: Pengertian Toxic Relationship, Banyak Orang Tidak Sadar Terjebak di Dalamnya

Ini merupakan bentuk usaha kamu dalam menunjukkan komitmen untuk menjalin hubungan jangka panjang. Kamu bisa mendiskusikan dengan pasanganmu tentang hubungan seperti apa yang diinginkan di masa depan. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT