Putus Cinta? Simak 5 Tips Move On dari Mantan Pasangan

Coba ikuti beberapa langkah di bawah ini agar mudah move on dari mantan pasangan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 25 November 2023 icon 14:30 WIB
Putus Cinta? Simak 5 Tips Move On dari Mantan Pasangan

Ilustrasi perempuan patah hati. (Shutterstock)

Salah satu hal tersulit setelah mengalami putus cinta adalah move on. Tak heran, banyak orang mencari tips move one dari mantan pasangan yang paling efektif.

Pada kenyatannya, putus cinta dapat memicu berbagai emosi, mulai dari rasa bersalah yang mendalam, malu, sedih, hingga marah.

Banyak orang yang merasa kesulitan move on karena tidak bisa berdamai dengan kenangan saat bersama mantan kekasih. Dirangkum dari Halodoc, berikut beberapa tips move on yang bisa coba kamu terapkan.

Baca Juga: 8 Tanda Pasangan Red Flag, Bahaya untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)
Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)

Fokus merawat diri

Putus cinta sering membuat seseorang merasa terpuruk oleh keadaan, putus asa, dan cenderung mengabaikan diri sendiri.

Cobalah untuk fokus terhadap hal-hal dasar. Kamu perlu tetap menjalankan aktivitas sehari-hari serta menjaga pola makan dan tidur dengan baik.

Baca Juga: Pengertian Toxic Relationship, Banyak Orang Tidak Sadar Terjebak di Dalamnya

Selain itu, jangan terus-menerus mengisolasi diri. Usahakan untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dengan orang-orang terdekat.

Validasi perasaanmu sendiri

Apa pun yang kamu rasakan saat putus cinta, cobalah untuk lebih memahami perasaanmu sendiri. Putus cinta, penolakan, atau kehilangan seseorang yang kamu sayang memang menyakitkan. Namun, hal itu juga bisa membuat dirimu lebih empati terhadap orang orang lain.

Batasi komunikasi dengan mantan

Ini termasuk tips move on yang sangat penting. Tidak harus sepenuhnya hilang kontak, tetapi akan lebih baik jika kamu membatasi komunikasi dengan mantanmu. Ini dapat membantumu melupakan dia.

Buat rencana dan tetap fokus untuk masa depan

Putus cinta mungkin membuatmu merasa hancur dan bingung tentang bagaimana kehidupanmu berjalan selanjutnya. Cobalah untuk membuat rencana dan tujuan yang lebih jelas agar tidak kehilangan arah dalam hidup.

Sadari bahwa move on membutuhkan waktu

Pahamilah bahwa melupakan kenangan bersama mantan kekasih memang membutuhkan waktu. Dalam prosesnya, kamu bisa belajar untuk tetap melanjutkan kehidupan. Kehilangan dapat menjadi bagian dari pelajaran hidup.

Selain itu, jangan terburu-buru mencari pengganti. Fokus saja mengembangkan diri dan mengenali dirimu sendiri dengan lebih baik.

Baca Juga: Korban KDRT Sulit Lepas dari Jerat Pelaku, Waspadai 4 Fase Siklus Kekerasan

Tergesa-gesa mencari pasangan baru malah bisa menjadi tindakan yang berpotensi menyebabkan masalah anyar. Itu juga mungkin membawamu ke dalam posisi yang sulit ke depannya. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT