Rifka Annisa Puji Pola Asuh Sus Rini, Ajarkan Rayyanza Hormati Perempuan Sejak Dini

Sus Rini dipuji lantaran mengajarkan Rayyanza pentingnya minta izin sebelum menyentuh orang lain.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 30 Januari 2024 icon 15:00 WIB
Rifka Annisa Puji Pola Asuh Sus Rini, Ajarkan Rayyanza Hormati Perempuan Sejak Dini

Rayyanza Malik Ahmad dan pengasuhnya, Sus Rini (Instagram/riniperdiyanti)

Pola asuh Sus Rini terhadap putra bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, kembali disorot. Sang pengasuh kali ini dipuji Rifka Annisa yang merupakan pusat penanganan kekerasan berbasis gender pertama di Indonesia.

Pada video yang diunggah akun Instagram resmi Rifka Annisa, tampak Rayyanza dan putri sulung Atta Halilintar, Ameena, bermain bersama dengan didampingi pengasuh masing-masing.

Rayyanza lalu ingin mencolek Ameena. Namun bukannya langsung melakukan itu, Rayyanza justru diminta Sus Rini untuk meminta izin Ameena terlebih dahulu.

Baca Juga: Nagita Slavina Makan Mi Instan Seharga Rp75 Ribu, Ini Fakta Menariknya

"Boleh toel?" tanya Rayyanza.

"Bilang ke Ameena," kata Sus Rini pada Rayyanza kemudian.

Setelahnya, Rayyanza meminta izin pada Ameena. Namun, rupanya Rayyanza mendapat penolakan dari putri Aurel Hermansyah itu. Ketika Rayyanza ditolak, Sus Rini pun secara telaten menjelaskan alasan di balik sikap Ameena. Sus Rini meminta Rayyanza menerima penolakan Ameena.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Italia, Outfit Nagita Slavina dari Rambut sampai Kaki Bisa Buat Beli Rumah!

"Sus Rini, pengasuh aja berhasil nunjukin ke kita semua bahwa anak-anak bisa dibiasin buat minta izin waktu mau ngelakuin tindakan yang berhubungan sama tubuh orang lain," demikian yang tertulis pada video.

"Juga saat dapat penolakan, anak bisa diajarin buat belajar menerima tanpa perlu marah, malu atau merasa direndahin," lanjut Rifka Annisa.

Rifka Annisa juga menyebut bahwa tindakan Sus Rini membuat Rayyanza belajar untuk memahami bahwa orang lain mempunya hak untuk menentukan tisdakan pada tubuhnya.

"Pelajaran kayak gitu bakal berguna banget biar anak dalam ngejalanin relasi sama orang lain, relasi yang didasari dengan kesepakatan (consent), relasi yang setara tanpa kekerasan," tandas Rifka Annisa.

Hingga Selasa (30/1/2024), video terkait sudah ditonton sebanyak lebih dari 13 ribu kali di Instagram.

Baca Juga: Merry Pamer Jam Tangan Hadiah Raffi Ahmad, Harganya Ternyata Rp1,2 Miliar

Seorang warganet berkomentar, "Anak bayi aja udah ngerti consent, lho."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI