Ria Ricis Gugat Cerai Teuku Ryan, Ceramah Oki Setiana Dewi Jadi Sorotan

Ceramah yang pernah disampaikan Oki Setiana Dewi kembali disorot di tengah ramainya kabar perceraian Ria Ricis dan Teuku Ryan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 04 Februari 2024 icon 12:00 WIB
Ria Ricis Gugat Cerai Teuku Ryan, Ceramah Oki Setiana Dewi Jadi Sorotan

Oki Setiana Dewi pakai Crop Top. (Instagram)

Rabu (31/1/2024) lalu, Ria Ricis resmi melayangkan gugatan cerai terhadap suaminya, Teuku Ryan. Permasalahan rumah tangga pasangan ini pun mencuri atensi publik.

Warganet ramai-ramai berkomentar. Banyak pula yang jadi teringat dengan ceramah yang pernah disampaikan Ustazah Oki Setiana Dewi. Kakak kandung Ria Ricis itu rupanya pernah membahas bagaimana Islam memandang perceraian.

"Allah SWT membolehkan perceraian, namun hal itu sangat dibenci oleh Allah SWT," ungkap Oki, dikutip dari unggahan TikTok akun okisetianadewi_official.

Baca Juga: Ria Ricis Gugat Cerai Teuku Ryan, Kenapa Perempuan Lebih Sering Mengajukan Perceraian?

Oki menyampaikan bahwa dia meyakini semua pasangan suami istri pasti berharap pernikahannya langgeng dunia akhirat. Hanya saja, memang ada beberapa masalah rumah tangga yang mungkin membuat pasutri berhadapan dengan pilihan bertahan atau berpisah.

Oleh karena itu, Oki Setiana Dewi mengajak para jemaah untuk melihat kembali hukum asal perceraian. 

"Dalam hadits Abu Daud RA, Rasulullah SAW bersabda, 'Bukan termasuk golongan kami orang yang membujuk seorang perempuan untuk memusuhi suaminya, atau membujuk seorang budak untuk memusuhi tuannya'. Artinya ini suatu hadits yang menjadi indikasi bahwa maknanya yang pertama, hukum asal dari perceraian adalah haram. Hukum asalnya haram," papar  Oki.

Baca Juga: Ria Ricis Gugat Cerai Teuku Ryan, Siap Perjuangkan Hak Asuh Anak

Dia menambahkan, "Terkadang di dalam perjalanan rumah tangga, bisa saja perceraian itu menjadi wajib, ketika di dalam pernikahan itu ternyata terlalu mudharatnya dan membahayakan nyawa kita,"

Oki juga mengingatkan bahwa wanita yang meminta cerai kepada suaminya bisa diharamkan masuk surga.

"Rasulullah juga mengingatkan, wanita-wanita mana saja yang meminta cerai tanpa alasan yang syar’i, tanpa alasan yang jelas, haram masuk surganya Allah SWT. Itu hadits riwayat Abu Daud juga," kata dia.

Baca Juga: Tangan Ria Ricis Tremor karena Hati Remuk, Memang Ada Kaitannya?

"Jadi hukum asalnya kembali lagi adalah haram, tapi kadang-kadang dia bisa saja perceraian itu menjadi wajib, bisa juga tiba-tiba menjadi makruh, bisa menjadi sunnah, bisa menjadi mubah, tapi ingat hukum asalnya adalah haram," tandas Oki Setiana Dewi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI