Seperti Ayu Ting Ting, Ini 8 Tips Memperkenalkan Calon Ayah Baru pada Anak

Ayu Ting Ting tentu saja telah memperkenalkan pasangan barunya pada sang anak.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 14 Februari 2024 icon 10:00 WIB
Seperti Ayu Ting Ting, Ini 8 Tips Memperkenalkan Calon Ayah Baru pada Anak

Ayu Ting Ting bertunangan. (Instagram)

Ayu Ting Ting diketahui telah bertunangan dengan Lettu Muhammad Fardana. Artinya, calon suami Ayu Ting Ting segera menjadi ayah sambung bagi Bilqis Khumairah Razak.

Ayu Ting Ting tentunya telah memperkenalkan Fardana pada anaknya. Belajar dari sang artis, bagaimana sebaiknya memperkenalkan calon ayah baru kepada anak?

Dilansir dari Divorce, berikut beberapa tips memperkenalkan pasangan baru pada anak.

Baca Juga: Annisa Pohan Pernah Curhat Susahnya Jadi Istri TNI, Sempat Ditinggal AHY Setahun

1. Biarkan anak beradaptasi

Jika ingin hubungan pasangan baru dan anak terjalin baik, solusinya adalah bersabar, karena anak butuh menyesuaikan diri dengan situasi baru. Dan sebaiknya, jangan berekspektasi terlalu tinggi, ya.

2. Bertemu sebelum menikah

Baca Juga: Ayu Ting Ting Bakal Jadi Ibu Persit, Ini Tugas Pentingnya Nanti

Ini adalah tahapan yang sangat penting. Dengan begitu, anak memiliki waktu untuk beradaptasi dengan calon orang tua sambungnya.

3. Jelaskan situasinya

Sebelum memperkenalkan pasangan baru, sebaiknya jelaskan dulu hubungan yang terjalin kepada anak. Ini agar anak merasa nyaman saat bertemu dengan calon orang tua sambungnya. Jangan lupa minta pendapat anak soal kemungkinan apabila ada orang tua baru dalam hidup anak.

4. Siap menghadapi reaksi apa pun

Reaksi anak-anak terhadap informasi mengenai calon orang tua sambung bisa sangat berbeda-beda, tergantung pada karakter dan suasana hati. Tentu saja sebagai orang tua, mesti siap dengan reaksi apa pun. Cobalah untuk tidak menanggapi reaksi anak dengan berlebihan.

5. Pastikan kasih sayang tetap utuh

Kehadiran orang baru mungkin membuat anak merasa terancam, biasanya karena cemas akan kehilangan kasih sayang orang tuanya. Nah, pastikan anak tidak berpikir seperti itu dengan memberinya jaminan bahwa kasih sayang untuknya akan tetap utuh.

6. Biarkan anak menghabiskan waktu bersama calon orang tua sambung

Beri kesempatan kepada anak untuk menghabiskan waktu bersama dengan calon orang tua sambung tanpa kehadiranmu. Ini memungkinkan mereka untuk membangun hubungan sendiri tanpa adanya tekanan.

7. Tetap mendukung anak

Berikan dukungan ekstra pada anak saat dalam fase menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di dalam keluarga. Pastikan mereka tetap merasa didengar, dihargai, dan dicintai.

8. Sabar dan memahami kondisi anak

Baca Juga: Makna Bunga Baby Breath dan Anggrek Putih yang Dipegang Ayu Ting Ting di Momen Lamaran

Ingatlah bahwa setiap anak bisa bereaksi secara berbeda terhadap situasi ini. Jadi, bersabarlah dan berikan waktu untuk beradaptasi. Terimalah semua perasaan dan reaksi anak serta berikan mereka dukungan sesuai kebutuhan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI