Kenang Lagi Momen Prabowo Subianto Melamar Titiek Soeharto, Tak Langsung Dapat Lampu Hijau

Tidak langsung menyetujui, ini ucapan tegas Presiden Soeharto saat Prabowo Subianto melamar Titiek.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 18 Februari 2024 icon 13:15 WIB
Kenang Lagi Momen Prabowo Subianto Melamar Titiek Soeharto, Tak Langsung Dapat Lampu Hijau

Titiek Soeharto dan Prabowo Subianto bersama sang anak, Didit Hediprasetyo (Instagram/titieksoeharto)

Kisah cinta Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto kembali disorot. Ini tak lepas dari fakta betapa Titiek Soeharto aktif mendukung Prabowo sebagai Capres pada Pemilu 2024.

Melansir Suara.com, Prabowo dan Titiek menikah tahun 1983. Kisah asmara keduanya sempat dibahas ayah Prabowo, Sumitro Djojohadikusumo, dalam buku berjudul "Jejak Perlawanan Begawan Pejuang".

Sumitro membeberkan dalam dalam bab bertajuk "Besanan dan Hubungan dengan Soeharto", mulai dari momen berkenalan, lamaran, menikah, hingga akhirnya mesti berpisah.

Baca Juga: Viral Lagi! Cantiknya Titiek Soeharto saat Menikah dengan Prabowo Subianto

Sumitro mengungkapkan bahwa Titiek bukan cinta pertama Prabowo. Anaknya itu beberapa kali pernah menjalin kasih dengan teman wanita sebelum akhirnya jatuh hati sepenuhnya kepada Titiek.

Kala itu, Sumitro meminta putranya untuk serius dengan Titiek. Sumitro sendiri memang cukup mengenal sosok Titiek yang pernah menjadi muridnya di Universitas Indonesia.

Prabowo pun menyanggupi. Dia mulanya ingin melamar Titiek seorang diri, tetapi akhirnya didampingi sang ayah. Sebab, harus ada pihak keluarga saat meminang perempuan.

Baca Juga: Kemeja Kotak-Kotak Prabowo - Gibran Bikin Jatuh Hati, Dijual untuk Umum?

Sumitro dan Prabowo lalu menghadap ayah Titiek yang tidak lain adalah Presiden Soeharto. Cendekiawan ini meminta izin untuk menikahkan putranya dengan putri sang presiden.

Namun, lamaran itu agaknya tidak langsung berbuah lampu hijau. Sebelum resmi menerima lamaran, Soeharto disebutkan sempat ingin berbicara dulu dengan Prabowo dan Titiek. 

"Pak Mitro, tentu kita betul-betul merasa bahagia. Tapi saya harus bicara juga sama kedua anak ini terlebih dahulu untuk kasih nasihat," ujar Soeharto, sebagaimana yang ditulis Sumitro dalam bukunya.

Presiden kedua RI itu juga mengatakan, "Bagaimana juga pasti masyarakat luas akan menyoroti ini, mengingat saya sebagai kepala negara dan Pak Mitro sebagai cendekiawan terkemuka."

Setelah menyampaikan nasihat, Soeharto dan keluarga akhirnya menerima lamaran Prabowo yang ingin meminang Titiek. Pesta pernikahan oun digelar begitu meriah.

Baca Juga: Kisah Cinta Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto, Terpaksa Pisah di Tengah Huru-hara Negara

Sayangnya, pernikahan Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto dikabarkan berakhir tahun 1998, bertepatan dengan lengsernya Soeharto. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI