3 Dosa yang Menghilangkan Pahala Puasa, Jangan Dianggap Remeh!

Sering disepelekan, berikut beberapa dosa yang bisa menggugurkan pahala puasa.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 12 Maret 2024 icon 15:00 WIB
3 Dosa yang Menghilangkan Pahala Puasa, Jangan Dianggap Remeh!

Ilustrasi perempuan berhijab (Freepik)

Ramadan adalah bulan istimewa bagi umat muslim. Selama bulan suci ini, ibadah yang dilakukan bakal mendapat pahala berkali-kali lipat.

Puasa Ramadan tidak sekadar menahan lapar dan haus. Kamu juga perlu mengindari hal-hal yang bisa menghilangkan pahala puasa.

Apa saja hal-hal yang dapat menggugurkan pahala puasa di bulan Ramadan? Dilansir dari laman NU Online, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Cara Cegah Gula Darah Naik di Bulan Ramadan, Ini Kata Dokter Zaidul Akbar

1. Gibah

Gibah atau menggunjing pada dasarnya adalah kebiasaan yang tidak baik, bahkan di luar bulan puasa sekalipun. Sayangnya, banyak orang sering lupa bahwa ini merupakan perbuatan yang dapat menggugurkan pahala puasa.

Ilustrasi gosip di kantor. (Unsplash/Mimi Thian)
Ilustrasi gosip di kantor. (Unsplash/Mimi Thian)

Tak hanya gibah, hindari juga melakukan adu domba dan berbohong. Sebaiknya selalu berhati-hati dalam berbicara dan bersikap selama berpuasa.

Baca Juga: Raisa Berbagi Tips Tampil Segar di Bulan Ramadan, Makeup Natural Lebih Oke

2. Riya

Berpuasa adalah kewajiban yang mestinya dijalani dengan penuh kesadaran untuk kebaikan diri sendiri. Jangan berpuasa karena ingin mendapat pujian dari orang lain atau merasa ibadah puasa yang kamu lakukan lebih baik dari orang lain karena itu bisa menggugurkan pahalanya.

Tidak cuma membuat ibadah puasa jadi sia-sia, perilaku riya juga tergolong dalam perbuatan syirik yang jelas dosa besar.

3. Buka puasa dengan makanan haram

Setelah menahan lapar dan haus seharian, tentunya pastikan kamu berbuka dengan makanan halal. Jika kamu berbuka dengan sesuatu yang haram, itu akan menggugurkan pahala.

Haram yang dimaksud bukan hanya hal yang dihukumi najis dalam Islam, melainkan juga makanan hasil curian. Makanan haram pun dapat menyebabkan orang menjadi malas beribadah dan enteng saja meninggalkan kewajiban.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa, Bisa Sambil Nongkrong dan Reunian

Itulah beberapa hal yang dapat menghilangkan pahala puasa. Semoga bermanfaat!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI