Sandra Dewi Dijuluki Miss Humblebrag, Apa Itu?

Apa artinya istilah miss humblebrag yang belakangan digunakan warganet untuk menyebut Sandra Dewi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 01 April 2024 icon 20:00 WIB
Sandra Dewi Dijuluki Miss Humblebrag, Apa Itu?

Sandra Dewi (Instagram/sandradewi88)

Rumah tangga Sandra Dewi langsung disorot setelah suaminya, Harvey Moeis menjadi tersangka kasus korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk 2015-2022.

Kasus tersebut tentu mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Sandra Dewi dan Harvey Moeis selama ini lekat dengan citra rendah hati meski diketahui kaya raya.

Belum lama ini, percakapan Sandra Dewi dengan VJ Daniel soal kebaikan hati Harvey Moeis kembali viral. Sandra Dewi menyebut suaminya sering berdonasi dan tak tanggung-tanggung membantu orang lain. 

Baca Juga: Sepatu Pernikahan Sandra Dewi Disorot Lagi, Bertabur Ribuan Kristal

"Kadang-kadang dia amal, terus gue kayak, 'Hah, banyak banget? Kita besok-besok makan apa?' Gue sering banget ngingetin ke dia kalau beramal itu inget-inget punya anak dua. Menurut gua, kebaikan dia itu udah nggak masuk logika gue lagi gitu," tutur Sandra Dewi, dikutip dari unggahan akun Instagram rumpi_gosip.

Namun, video tersebut rupanya menuai komentar negatif. Bukannya dibilang rendah hati, Sandra Dewi justru mendapatkan julukan baru sebagai Miss Humblebrag dari warganet.

Seorang warganet berkomentar, "Humblebrag banget. Gue udah tau lama ini, cuma senyum-senyum aja kalo ada yang humblebrag."

Baca Juga: 4 Potret Mewah Dekorasi Natal Rumah Sandra Dewi, Bisa Jadi Inspirasi

"Dia selalu merendah untuk meroket, ya," komentar warganet lain.

Warganet lain mengungkapkan, "Flexing kebaikan suami juga ngga baik, ya, selain flexing barang-barang branded."

"Miss Humblebrag," celetuk warganet berbeda.

Apa itu humblebrag? Melansir Alodokter, humblebrag merupakan julukan atas sikap orang yang memamerkan sesuatu tetapi ingin terkesan rendah hati. 

Ucapan yang dilontarkan humblebragger biasanya berbentuk keluhan yang mengkritik atau merendahkan dirinya sendiri. Hanya saja di balik itu, terdapat tujuan terselubung yang dia ingin orang lain tahu.

Sikap pamer yang dikemas dengan kesan rendah hati dapat diucapkan langsung atau lewat unggahan media sosial. Hal yang dipamerkan pun bisa sangat beragam, mulai daari uang hingga citra tubuh.

Pamer terselubung biasanya karena ingin menghindari rasa malu dan bersalah dari perilaku sombong. Oleh karenanya, supaya bisa membanggakan sesuatu tanpa dianggap pamer, mereka menyampaikannya dengan dibumbui kesan rendah hati.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang mungkin membuat seseorang menjadi humblebragger, yakni:

Baca Juga: Bikin Heboh, Suami Sandra Dewi Punya Jam Tangan Rp22 Miliar

  • keinginan untuk membuat orang lain terkesan pada dirinya
  • keinginan untuk meningkatkan harga diri
  • keingingan untuk mendapatkan simpati
  • keinginan untuk dihormati
  • kultur yang menyebutkan jika kesuksesan tak perlu diumbar

Itulah arti humblebrag dan ciri-ciri orang yang melakukannya. Semoga bermanfaat!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI