Mau Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran? Ini 5 Tipsnya

Bagaimana agar rumah selalu aman selama ditinggal mudik Lebaran?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 07 April 2024 icon 15:45 WIB
Mau Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran? Ini 5 Tipsnya

Kunci pintu rumah. (Pixabay/Photo Mix)

Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 hanya tinggal menghitung hari. Banyak orang sudah memulai perjalanan mudik atau pulang kampung.

Mudik memang telah menjadi tradisi yang tak terpisahkan dari Lebaran. Hari Raya Idul Fitri jadi momen spesial untuk bisa berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara.

Namun, perhatikan kondisi tempat tinggalmu sebelum berangkat mudik. Pasti berangkat setelah memastikan semuanya dalam kondisi aman. Berdasarkan imbauan NTMC Korlantas Polri lewat Instagram korlantaspolri.ntmc, berikut sederet tips yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Survei Rumah Baru, Luna Maya Santai Tenteng Tas Mewah

Matikan alat elektronik, air, kompor, dan cabut regulator tabung gas

Pastikan seluruh barang elektronik seperti televisi, AC, kipas angin, telah dimatikan guna menghindari korsleting listrik. Lepaskan juga regulator tabung gas untuk meminimalisir terjadinya kebocoran gas yang dapat memicu kebakaran.

Memasang kamera pengawas atau CCTV serta alarm

Baca Juga: Sambut Ramadan, 5 Tips Dekorasi dan Renovasi Rumah agar Lebih Hemat

Guna menjaga rumah tetap aman dari pencurian saat mudik, tak ada salahnya memasang alarm atau CCTV. Ini akan membantumu mengawasi rumah dari jarak jauh. Selain itu, andai ada seseorang tak dikenal mencoba masuk, alarm bakal berbunyi dan menyita perhatian tetangga sekitar.

Lapor kepada RT/RW setempat atau titipkan pada yang bisa dipercaya

Sebaiknya titipkan rumah ke orang yang dipercaya seperti saudara, tetangga atau RT/RW setempat. Jangan lupa sampaikan berapa lama tempat tinggalmu bakal ditinggal mudik.

Simpan barang berharga di tempat aman

Simpan barang-barang berharga seperti emas, surat-surat, dan perhiasan di tempat yang aman seperti brankas. Tujuannya tentu untuk mengantisipasi pencurian rumah kosong.

Kunci pintu dan jendela rumah

Baca Juga: Jennifer Jill Punya Rumah Khusus untuk ART, Ini Alasannya

Pada menit-menit terakhir keberangkatan mudik, lakukan double cheking. Pastikan semua pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI