Tak Harus Makjleb, Begini Cara Menjawab Pertanyan Kapan Nikah saat Lebaran

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjawab pertanyaan kapan nikah di Hari Raya Idul Fitri.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 08 April 2024 icon 15:45 WIB
Tak Harus Makjleb, Begini Cara Menjawab Pertanyan Kapan Nikah saat Lebaran

Ilustrasi perempuan berhijab (Freepik)

Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat! Sayangnya, perayaan Lebaran yang mestinya menyenangkan bisa berubah menyebalkan gara-gara muncul pertanyaan kapan nikah saat momen silaturahmi.

Walau banyak orang yang menganggapnya cuma basa-basi, pertanyaan itu bisa saja membuat orang yang ditanya kesal. Jawaban menohok mungkin terlontar karena emosi negatif tersulut.

Meski begitu, ada berbagai cara untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan lebih kalem dan tidak merusak momen. Melansir Suara.com, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

Baca Juga: Tips Bijak Mengelola THR Jelang Lebaran: Hindari Boros dan Siapkan Tabungan

Ilustrasi silaturahmi saat Lebaran (Pixabay/Iqbal Nuril Anwar)
Ilustrasi silaturahmi saat Lebaran (Pixabay/Iqbal Nuril Anwar)

1. Minta didoakan

Pemilihan tutur kata yang baik dan sopan ketika ditanya kapan nikah sangat penting untuk menghindari konflik, terlebih jika orang yang bertanya adalah orang tua.

Cara paling bijak adalah minta didoakan saja. Kamu bisa mengucapkan, "Doakan saja. Semoga Allah segera memberikan jodoh yang baik untuk dunia dan akhirat."

Baca Juga: Takut Ditanya Kapan Nikah saat Lebaran? Ini Wejangan Habib Jafar

2. Pakai guyonan atau humor

Jika suasananya memungkinkan, tak ada salahnya menggunakan humor untuk merespon pertanyaan tersebut. Contohnya, kamu bisa bilang, "Kalau nggak hari Sabtu, ya, Minggu." Bisa juga dengan santai mengatakan, "Besok, kalau nggak hujan."

3. Singkat tapi optimis

Sikap tenang dan dewasa adalah kunci menghadapi pertanyaan seputar kapan nikah. Kamu bisa menjawabnya dengan singkat tapi tetap bernada positif.

"Insya Allah, tahun depan."

"Tunggu undangannya, ya. Sebentar lagi."

Walau jodoh belum terlihat hilalnya, bukannya boleh-boleh saja mengatakan hal-hal baik bukan? Siapa tahu perkataanmu itu menjadi doa yang kemudian dikabulkan Tuhan.

4. Diam dan tersenyum

Baca Juga: Mau Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran? Ini 5 Tipsnya

Jika sudah terlalu lelah menghadapi pertanyaan kapan nikah bertubi-tubi di Hari Lebaran, kamu bisa cukup diam dan tersenyum saja. Ini lebih bijak dan elegan ketimbang melakukan konfrontasi yang tidak perlu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI