Ibu Pasangan Terlalu Posesif? Begini 4 Cara Menghadapinya

Bagaimana cara menghadapi sikap ibu pasanganmu yang terlalu posesif pada anaknya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 07 Juli 2024 icon 17:30 WIB
Ibu Pasangan Terlalu Posesif? Begini 4 Cara Menghadapinya

Ilustrasi menghadapi mertua galak. (Unsplash/Amadeo Muslimović)

Belakangan ini, kandasnya hubungan asmara Baifern Pimchanok dan Nine Naphat, menyedot perhatian banyak orang. Sikap posesif ibu Nine Naphat diduga menjadi penyebab pasangan artis Thailand tersebut putus cinta.

Sang ibu disebut sering merasa kesepian dan cemburu saat anaknya asyik menghabiskan waktu bersama kekasihnya, Baifern. Meski telah berusaha, Nine pada akhirnya tak bisa menjadi penengah antara Baifern dan ibunya.

Apa yang terjadi pada kisah cinta Nine dan Baifern membuat banyak orang bertanya-tanya tentang cara menghadapi sikap posesif ibu pasangan. Melansir Her Zindagi, berikut beberapa di antaranya.

Baca Juga: Sah! Cuti Melahirkan Akhirnya Jadi 6 Bulan, Ini Manfaatnya untuk Perempuan

1. Membuat batasan tegas

Kamu punya calon ibu mertua yang posesif pada pasanganmu? Apa yang perlu dilakukan adalah coba bersikap tegas, ringkas, tapi tetap dengan cara sopan.

Tak peduli seberapa jauh calon mertua memanipulasi pasanganmu, kamu sebagai calon menantu dan pasanganmu sebagai anak mesti tegas mempertahankan pendirian. Cobalah untuk memberitahu sang ibu soal batasan yang ada.

Baca Juga: Belajar dari Perceraian Ria Ricis dan Teuku Ryan, Pilih Ibu atau Istri? Ini Kata Habib Jafar

2. Menjalin hubungan yang baik

Langkah ini penting untuk mengatasi kesenjangan atau mencegah hubungan yang buruk dengan orang tua pasangan. Bangun dan jaga hubungan baik dengan cara positif, misal tak ragu memberikan pujian atau sesekali menghabiskan waktu bersama.

3. Jangan langsung menerima semua saran yang dilontarkan

Sebagai menantu atau anak, tentu sah-sah saja jika tidak menyetujui saran mertua. Tidak apa-apa jika memang tidak cocok. Ini karena apa pun masalahnya, kamu dan pasangan yang akan menjalaninya berdua.

4. Mundur sejenak

Baca Juga: Tak Bisa Olahraga karena Sibuk Momong Anak? Terapkan 3 Tips Ini

Jika ucapan atau sikap orangtua pasangan mulai membuatmu kewalahan, tidak masalah untuk undur diri sejenak. Tenangkan dirimu agar tidak termakan emosi negatif. Kamu juga bisa coba mengubah topik obrolan agar suasananya kembali mencair.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI