Jangan Dibuang, Air Beras Bisa Dimanfaatkan untuk Kecantikan Lho

Untuk yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya lakukan test dengan menggunakan air beras di belakang kuping. Jika terasa gatal, sebaiknya hindari perawatan ini.

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 23 Juli 2018 icon 13:00 WIB
Jangan Dibuang, Air Beras Bisa Dimanfaatkan untuk Kecantikan Lho

air beras/pinterest.com

Girls, jangan sepelekan air cucian beras ya, meskipun kerap dibuang karena dianggap nggak bermanfaat, air beras ternyata memiliki banyak vitamin yang bermanfaat untuk kecantikan.

Dalam air rendaman atau cucian beras, terdapat vitamin B1, C, E dan mineral. Kandungan Asam Ferulat dalam air beras juga bisa jadi anti oksidan alami untuk kulit. Simak cara memanfaatkan air beras berikut ini.

air beras/pinterest.com
air beras/pinterest.com

 

Baca Juga: 5 Kesalahan Ini Sering Banget Kamu Lakukan Saat Keramas

Hilangkan bekas jerawat

Air beras bisa menghilangkan bekas jerawat lho, bahkan bekas kehitaman dan pigmentasi kulit yang nggak merata juga mampu dibabat habis dengan air ajaib ini. Caranya cukup mudah, kamu cukup merendam beras bersih dengan air hingga terkumpul endapan halus pada bagian bawah rendaman. Pisahkan rendaman air beras secara perlahan dan oleskan tepung halusnya pada wajah. Lakukan perawatan beras ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

masker air beras/pinterest.com
masker air beras/pinterest.com

 

Baca Juga: Girls, 3 Skincare Ini Bisa Mencegah Kulit Kering saat Naik Haji

Mencerahkan kulit

Beras ternyata memiliki kandungan alami yang bisa memutihkan kulit. Mungkin ini yang membuat orang di Jepang menggunakan beras untuk perawatan wajah. Caranya hampir mirip dengan step sebelumnya, yaitu memanfaatkan endapan air beras sebagai scrub wajah dan lakukan rutin dua minggu sekali. Kamu akan kaget dengan hasilnya!

Pembersih wajah susu/pinterest.com
Pembersih wajah air beras/pinterest.com

 

Mengecilkan pori-pori

Kamu bermasalah dengan pori-pori wajah yang besar? Ternyata air beras bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pori lho! Caranya gampang banget, kamu cukup merendam dua genggam beras bersih hingga warna rendamannya berubah agak keruh menyerupai susu dan menggunakan airnya untuk toner wajah. Jika dilakukan secara rutin, pori-pori wajahmu akan mengecil dan wajahmu lebih sehat karena kandungan vitamin dalam beras yang beragam.

Ilustrasi membasuh wajah / Pinterest
Ilustrasi toner air beras / Pinterest

Gimana, ternyata manfaat air beras beragam ya? jika kamu rutin meggunakannya maka efeknya pada wajah juga semakin cepat terlihat. Untuk yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya lakukan test dulu dengan menggunakan sedikit air beras pada permukaan kulit di belakang kuping. Jika terasa gatal, sebaiknya hindari perawatan ini. Selamat mencoba girls!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI