Hentikan 6 Kebiasaan Membersihkan Wajah Ini Mulai Sekarang

Jangan asal dalam membersihkan wajah ya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 26 Juli 2018 icon 15:45 WIB
Hentikan 6 Kebiasaan Membersihkan Wajah Ini Mulai Sekarang

Washing face/Pinterest.com

Membersihkan wajah menjadi hal wajib setelah seharian beraktivitas.Tapi bagaimana kalau selama ini kamu salah dalam membersihkan wajah? Bukannya bersih, bisa-bisa malah mengundang masalah kulit yang nggak diinginkan.

Perawatan wajah memang punya aturan main sendiri. Yuk cek kesalahan dalam kebiasaan membersihkan wajah di bawah ini biar bisa kamu hentikan sekarang juga.

Washing face/Pinterest.com
Washing face/Pinterest.com

1. Nggak cuci tangan terlebih dahulu

Baca Juga: Girls, 3 Skincare Ini Bisa Mencegah Kulit Kering saat Naik Haji

Telapak tangan jadi sarang bakteri dan kotoran karena sering bersentuhan dengan berbagai macam benda. Jadi pastikan tanganmu bersih dulu kalau nggak mau semua kotoran dan bakteri itu berpindah ke wajah.

2. Hanya mengandalkan tisu pembersih

Tisu pembersih memang praktis, zat pembersih pada tisu pun cukup efektif untuk menghapus riasan dan kotoran. Meski begitu, kamu juga tetap harus membilas wajah setelahnya agar bersih optimal. Apalagi jika tisu tersebut mengandung alkohol yang bisa membuat kulit kering dan iritasi.

Baca Juga: Atasi Siku Kasar dan Kering dengan 5 Bahan Alami Ini

Washing face/Pinterest.com
Washing face/Pinterest.com

3. Menggunakan pembersih wajah yang salah

Jangan sampai kamu termakan iklan atau langsung mengikuti saran teman untuk memilih pembersih wajah. Lebih baik kenali betul kondisi kulit kamu terlebih dahulu, baca kandungannya, baru membelinya.

4. Nggak cuci muka setelah bangun tidur

Beberapa orang beranggapan nggak perlu mencuci muka setelah bangun tidur. Tapi kalau kamu nggak yakin dan nggak nyaman, nggak perlu mengikuti anggapan itu. Soalnya mencuci muka di pagi hari dapat membersihkan minyak alami yang diproduksi kulit pada malam hari.

5. Sering pakai air hangat

Membersihkan wajah menggunakan air hangat memang membuat rileks dan mudah melepaskan sel-sel kulit mati. Tapi kalau keseringan malah bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan kapiler pada wajah sehingga kulit jadi mudah memerah, iritasi, dan kering.

6. Over-exfoliate

Tahap eksfoliasi penting untuk mengikis sel-sel kulit mati dan bikin kulit wajah terasa lebih licin. Tapi jangan lakukan setiap hari ya!

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini saat Menggunakan Sheet Mask

Pergesekan kulit saat eksfoliasi bisa menghilangkan kelembapan kulit dan memicu bakteri untuk masuk ke dalam pori-pori.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI