Beauty

Apa itu Hangnail dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hangnail sering nongol seperti jarum kecil di sela-sela kuku dan jari.

Tinwarotul Fatonah | Rima Suliastini

Ilustrasi merawat kuku untuk menghindari hangnail. (Unsplash/freestocks.org)
Ilustrasi merawat kuku untuk menghindari hangnail. (Unsplash/freestocks.org)

Dewiku.com - Apakah kamu pernah merasa terganggu dengan bagian pinggir kuku yang terasa menusuk seperti jarum kecil yang mengganggu? Itu adalah hangnail Girls! Bukan cuma menggangu, hangnail juga bisa membahayakan kalau dicabut sembarangan. Biar bisa mengatasinya dengan tepat, berikut akan DewiKu jelaskan mengenai hangnail.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hangnail adalah kulit mati yang sering nongol di bagian pinggir kuku. Bentuknya memang kecil, tapi seringkali bikin kita terganggu karena kerap menusuk-nusuk permukan kulit.

Jika kamu memiliki hangnail, sebaiknya jangan pernah tergoda untuk mencabutnya ya. Cara yang paling tepat untuk mengatasi hangnail adalah memangkasnya, bukan mencabut.

Yup, hangnail sebaiknya dipangkas dengan alat khusus yang biasanya terdapat dalam manicure kit. Jika kamu mencabutnya secara arogan dan sembarangan, maka jarimu akan terluka dan bengkak.

Ilustrasi manicure kit. (PIxabay)
Ilustrasi manicure kit. (PIxabay)

Tidak punya manicure kit? Potong saja hangnail dengan gunting kuku, tapi pastikan kamu mengguntingnya dengan benar ya, karena gunting kuku memiliki permukaan yang lebar dan tajam, sehingga beresiko mencederai bagian kulit lainnya.

Kenapa kita harus begitu teliti dengan hangnail?

Karena hangnail biasanya nongol di ujung dekat kuku dan ada banyak saraf serta pembuluh darah di daerah tersebut. Jika kamu asal mencabutnya, akan terjadi peradangan dan pembengkakan karena ujung saraf tertekan. Dalam kondisi yang lebih parah, hangnail bisa menimbulkan nanah dan sangat mengganggu aktivitas.

Pemicu hangnail yang paling sering terjadi adalah kulit dalam keadaan tidak lembap dan perubahan suhu. Misalnya cuaca dingin yang bisa memicu pemisahan kulit. Nah pemisahan kulit ini yang akan muncul sebagai hangnail.

Cara mengatasinya adalah menjaga kelembapan kulit di sekitar jari tangan dengan baik dan rajin mengaplikasikan pelembap. Jangan lupa minum air putih yang cukup dan konsumsi vitamin E bila perlu.

Berita Terkait

Berita Terkini