Rambut Keriting Gampang Kusut, Coba Manfaatkan 5 Bahan Alami Ini

Cara alami menangani rambut keriting yang gampang kusut.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 28 Februari 2019 icon 10:30 WIB
Rambut Keriting Gampang Kusut, Coba Manfaatkan 5 Bahan Alami Ini

Ilustrasi gaya rambut keriting. (Unsplash/Alessio Lin)

Sebagian orang menganggap memiliki rambut keriting adalah masalah. Pasalnya, rambut jadi sulit ditata dan gampang kusut tak beraturan.

Walau ada banyak produk sampo, conditioner, atau masker rambut, tapi harganya bisa jadi sangat mahal. Nah, kalau kamu sering bermasalah dengan rambut keriting yang gampang kusut, ada baiknya mencoba beberapa bahan alami ini untuk mengatasi rambut kusut agar lebih tertata, seperti dilansir dari Wonderslist.

Santan kelapa

Baca Juga: Ini Tips Pilih Pewarna Rambut agar Rambut Keriting Tidak Rusak

Santan berfungsi merawat kelembaban dan memberi protein pada rambut. Ambil daging kelapa tua, lalu parut, dan peras airnya untuk mendapatkan santan. Namun kalau tak mau repot, santan kemasan juga tersedia di toko.

Ambil dua sendok makan santan, lalu hangakan, dan oleskan ke rambut. Diamkan semalaman, dan bilas pada pagi hari. Lakukan metode ini dua kali seminggu, dan kamu akan menikmati rambut halus, berkilau, serta bebas kusut.

Ilustrasi buah pisang. (Pixabay)
Ilustrasi buah pisang. (Pixabay)

Pisang

Baca Juga: Selain Pakai Roll, 3 Cara Nyeleneh Ini Juga Bisa Bikin Rambut Keriting

Pisang bisa berfungsi sebagai conditioner rambut yang baik karena kaya akan kalium, vitamin, karbohidrat, dan minyak alami. Semua ini membantu mengunci kelembapan, rambut berkilau, menjadikannya lembut, dan mencegah rambut kusut serta ujung bercabang.

Kamu hanya perlu menumbuk pisang matang menggunakan garpu sampai bebas gumpalan. Lalu, tambahkan 1/4 cangkir yogurt, 2 sendok makan minyak zaitun dan madu dan campur semua bahan-bahan itu. Oleskan masker pisang pada rambut, kemudian tutup rambut dengan shower cap. Diamkan sekitar satu jam, lalu gunakan conditioner sampo. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

Ilustrasi buah alpukat. (Pexels)
Ilustrasi buah alpukat. (Pexels)

Alpukat

Pemilik rambut keriting juga layak mencoba masker rambut alpukat yang dapat sangat membantu mengurangi rambut kusut karena adanya vitamin E. Alpukat juga kaya akan asam lemak yang membantu menjinakkan rambut yang tidak teratur sehingga lembut dan berkilau.

Ambil 1 alpukat matang, tumbuk, dan tambahkan sekitar 1/2 sendok teh minyak zaitun dan campur hingga rata. Pleskan masker ini pada rambut basah setelah keramas, biarkan sekitar satu jam, kemudian bilas hanya dengan air dingin. Jangan lupa pakai conditioner, ya.

Garam laut dan minyak zaitun. (Unsplash/Tucker Good)
Garam laut dan minyak zaitun. (Unsplash/Tucker Good)

Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak terbaik yang terbukti sangat membantu mengatasi rambut kusut. Minyak ini akan menutup kelembapan helai rambut dan merawatnya dengan baik.

Ambil 2-3 sendok makan minyak zaitun dan panaskan sedikit. Oleskan minyak hangat ke rambut dan pastikan menutupi kulit kepala serta rambut dengan baik. Gunakan Shower cap untuk menutupi rambut dan biarkan selama setidaknya satu jam. Keramas dan kondisikan rambut seperti biasanya. Lakukan tiga kali seminggu untuk hasil optimal.

Lemon dan es batu. (Pixabay/Acatana)
Lemon dan es batu. (Pixabay/Acatana)

Madu dan lemon

Madu dan lemon adalah bahan yang selalu ada di hampir setiap rumah dan kamu dapat menggunakannya untuk menyingkirkan rambut kusut. Lemon kaya akan mineral dan vitamin yang membantu membuat rambut sehat dan madu adalah pelembab yang hebat.

Campurkan 2 sendok makan masing-masing madu dan jus lemon. Lalu tambahkan 1 gelas air dan aduk rata. Oleskan campuran ini pada rambut, setelah itu cuci dengan air biasa. Hindari kulit kepala dan pastikan untuk melapisi ujungnya dengan benar. Biarkan selama sekitar 15 menit, lalu bersihkan dengan keramas pakai sampo.

Baca Juga: Wanita Cina Bikin DIY Curling Styler yang Murah Meriah

Nah, itulah tadi beberapa bahan alami untuk mengatasi masalah rambut keriting yang gampang kusut. Selamat mencoba! (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI